Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ratusan Warga Swiss Serukan Boikot Israel di Olimpiade 2024

sri astuti - Kamis, 13 Juni 2024 - 11:20 WIB

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:20 WIB

12 Views

Lausanne, MINA – Ratusan pengunjuk rasa di Swiss pada Rabu (12/6), menuntut agar Israel diboikot dari Olimpiade 2024 di Paris di tengah “genosida” yang sedang berlangsung di Gaza, Anadolu Agency melaporkan.

Para pengunjuk rasa berkumpul di depan Komite Olimpiade Internasional di Lausanne dengan tangan dicat merah untuk menarik perhatian terhadap korban sipil di Wilayah Palestina.

Mereka meninggalkan bekas tangan merah di pintu masuk gedung dalam upaya meyakinkan Komite untuk mengambil tindakan terhadap Israel.

Mengungkap bahwa Komite “hanya membutuhkan waktu beberapa hari” untuk mengecualikan Rusia dan Belarus dari Olimpiade 2022 karena perang di Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari 2022, para pengunjuk rasa mengangkat spanduk bertuliskan: “Mari kita larang negara Israel yang melakukan genosida dari Olimpiade.”

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Atlet dari Rusia dan Belarusia akan diizinkan berkompetisi di Olimpiade tahun ini sebagai atlet netral, menurut Komite. Mereka tidak akan diizinkan mengambil bagian dalam upacara pembukaan dan tidak akan menggunakan bendera, lambang atau lagu kebangsaan, dan tidak ada pejabat dari pemerintah kedua negara yang diundang ke pertandingan yang berlangsung pada tanggal 26 Juli-11 Agustus.

Para demonstran menyebut Israel sebagai “negara kriminal” dengan dua pejabat tingkat tinggi yang telah diminta surat perintah penangkapannya oleh Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional.

Israel “mengolok-olok keputusan Pengadilan Kriminal Internasional serta Mahkamah Internasional,” kata sebuah brosur yang diterbitkan oleh para pengunjuk rasa, yang mendesak agar sanksi dijatuhkan terhadap Tel Aviv.

Mereka meminta Presiden Prancis, Emmanuel Macron, untuk memutus hubungan diplomatik dengan Israel, khususnya hubungan senjata, memberlakukan boikot budaya dan akademis terhadap negara tersebut, dan mengakhiri perjanjian yang mengizinkan warga negara Prancis bertugas di tentara Israel.

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Sekitar 4.000 warga Perancis saat ini berpartisipasi dalam serangan militer Israel di daerah kantong tersebut.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang “genosida” Israel, sambil mengibarkan bendera dan spanduk Palestina bertuliskan “Boikot Israel, boikot genosida”, “Kemanusiaan telah gagal” dan “Bebaskan Palestina”.

Protes damai tersebut hanya berlangsung selama dua jam dan berakhir tanpa  polisi.

Israel telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak  7 Oktober 2023, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Baca Juga: Aktivis Wanita Israel Lempari Ben Gvir dengan Pasir

Lebih dari 37.200 warga Palestina telah terbunuh di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 84.900 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Delapan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Hamas: Penyiksaan di Penjara Israel Ekspresi Kebencian dan Kesadisan

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto (foto: Humas Kemenko Polhukam)
Indonesia