Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekor! AS Habiskan USD 17,9 Miliar untuk Bantuan Militer Israel

sri astuti Editor : Widi Kusnadi - 24 detik yang lalu

24 detik yang lalu

0 Views

Ilustrasi: Pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Israel, 18 Oktober 2023. (Foto: Anadolu)

Washington, MINA – Sebuah laporan dari proyek Biaya Perang Universitas Brown mengungkap, Amerika Serikat  mengalokasikan sedikitnya USD 17,9 miliar (setara Rp275 Triliun) dalam bentuk bantuan militer ke Israel sejak dimulainya perang 7 Oktober. Ini merupakan jumlah bantuan militer tertinggi yang dikirim dalam satu tahun.

Dirilis pada peringatan Operasi Badai Al-Aqsa dan diselesaikan sebelum Israel memperluas agresinya ke Lebanon pada akhir September, laporan ini merupakan salah satu penilaian awal pengeluaran AS karena pemerintahan Biden mendukung Israel dalam aksi militernya di Gaza dan Lebanon. Almayadeen melaporkan, Selasa (8/10).

AS sebelumnya berkomitmen menyediakan miliaran bantuan militer bagi Israel dan Mesir sebagai bagian dari perjanjian mereka tahun 1979, dan perjanjian berikutnya selama pemerintahan Obama telah menetapkan bantuan tahunan Israel sebesar USD 3,8 miliar hingga tahun 2028.

Sejak Israel secara signifikan mengintensifkan serangan udaranya di Lebanon pada akhir September, sedikitnya 1.400 orang telah tewas. Menurut laporan tersebut, estimasi keuangan ini disusun oleh Linda J. Bilmes, seorang profesor di Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy Harvard, bersama dengan peneliti William D. Hartung dan Stephen Semler, yang mengevaluasi biaya komprehensif keterlibatan militer AS sejak 11 September 2001.

Baca Juga: Polisi Belanda Tangkap Demonstran Pro-Palestina di Amsterdam

Israel, sekutu dekat Amerika Serikat sejak 1948, telah menerima jumlah bantuan militer AS terbesar dalam sejarah, dengan total USD 251,2 miliar dalam dolar yang disesuaikan dengan inflasi sejak 1959, menurut laporan tersebut.

Bantuan AS untuk Israel sejak dimulainya perang di Gaza mencakup pembiayaan militer, penjualan senjata, dan sedikitnya USD 4,4 miliar dari persediaan dan peralatan bekas AS. Tahun ini, sebagian besar senjata yang dikirim adalah amunisi, mulai dari peluru artileri hingga penghancur bunker seberat 2.000 pon dan bom berpemandu presisi.

Pengeluaran tersebut mencakup sekitar USD 4 miliar untuk mengisi ulang sistem pertahanan rudal Iron Dome dan David’s Sling Israel, bersama dengan dana untuk senapan dan bahan bakar jet.

Tidak seperti bantuan militer yang lebih transparan yang diberikan kepada Ukraina, rincian lengkap pengiriman AS ke Israel sejak 7 Oktober masih sulit dipahami, menjadikan angka USD 17,9 miliar hanya perkiraan sebagian, seperti yang dicatat oleh para peneliti.

Baca Juga: Turki Kecam Israel Atas Satu Tahun Genosida di Gaza

Laporan tersebut menunjukkan, pemerintahan Biden telah terlibat dalam “manuver birokrasi” untuk mengaburkan jumlah dan jenis bantuan secara keseluruhan.

Dukungan untuk Israel selama perang yang telah menyebabkan banyak korban sipil telah memicu perpecahan di antara warga Amerika, khususnya dalam konteks kampanye presiden.

Namun, dukungan untuk Israel secara historis kuat dalam politik AS, dan Presiden Biden menegaskan bahwa “tidak ada pemerintahan yang telah membantu Israel lebih dari yang saya lakukan.” []

 

Baca Juga: Setahun Genosida di Gaza, Justin Bieber Pakai Kefiyeh Palestina 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Connie Bakrie Soroti Impunitas Israel, Bandingkan dengan Rusia

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Palestina
Palestina