Rektor Didorong Kembangkan Olahraga Kampus

Jakarta, MINA – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan, perlu dikembangkan rektornya, seperti di negara lain yang tim olahraga kampusnya sudah berkembang.

“Di Amerika Serikat, kampus-kampus itu punya olahraga yang baik. Ada basket, softball. Terutama basket, bagi kampus itu bisa menjadi satu nilai tambah, bisa memberikan revenue (pemasukan) dan bisa mengangkat reputasi kampus, karena olahraga. Apakah Indonesia, kita akan coba, mulai kita lakukan,” ujar Nasir saat jumpa pers di Gedung Kemenristekdikti, Jumat (13/9).

Menristekdikti menginstruksikan pada para rektor perguruan tinggi untuk mendukung mahasiswanya yang menjadi atlet, terutama di level nasional. Dukungan ini termasuk juga memberikan dispensasi atau izin tidak mengikuti kuliah selama masa latihan atau training center (TC) serta selama berkompetisi.

“Biasanya para atlet ini kalau bidang studinya bukan olahraga kuliahnya agak terganggu. Saya minta rektor memberikan dispensasi, karena tidak mungkin. Saya sudah meminta para rektor, kalau mereka pemain olahraga bermain secara nasional, memberikan dispensasi tersebut,” ungkap Nasir.

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI tahun 2019 akan diselenggarakan di Jakarta dan akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 19-26 September 2019.

Upacara pembukaan POMNAS XVI akan dilangsungkan pada Kamis, 19 September 2019 di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB), Jakarta Selatan. Sedangkan upacara penutupan, akan dilangsungkan pada Kamis, 26 September 2019 di Jakarta International Velodrome. (R/Ais/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.