Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Relawan MER-C Akhirnya Capai RS Indonesia di Gaza Utara

Rana Setiawan Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 26 Juli 2024 - 16:08 WIB

Jumat, 26 Juli 2024 - 16:08 WIB

65 Views

Kondisi terkini Rumah Sakit (RS) Indonesia di Bayt Lahiya, Gaza Utara, Palestina.(Foto: MER-C)

Gaza, MINA – Relawan Liaison Officer Emergency Medical Team (EMT) MER-C Indonesia, Marissa Noriti, bersama konvoi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (24/7), akhirnya dapat mencapai lokasi Rumah Sakit (RS) Indonesia di Bayt Lahiya, Gaza Utara, Palestina.

Ini adalah untuk pertama kalinya Tim MER-C dapat mencapai Gaza Utara kembali sejak evakuasi paksa yang dilakukan militer Israel terhadap seluruh penghuni RS Indonesia termasuk tiga relawan MER-C saat itu pada November 2023 lalu.

“Saat ini kami berada di Rumah Sakit Indonesia dengan konvoi PBB dan staf NGO internasional lainnya. Kami akan berkoordinasi dengan Direktur RS Indonesia, dr. Marwan Al-Sultan,” ujar Marissa saat tiba di RS Indonesia.

Kedatangan konvoi PBB disambut oleh Diretur RS Indonesia, dr. Marwan Al-Sultan. Dalam kesempatan kunjungan ini, MER-C mewakili rakyat Indonesia sebagai pihak yang membangun Rumah Sakit Indonesia melakukan assessment awal kondisi rumah sakit dan berkoordinasi dengan Direktur RS Indonesia untuk penugasan Tim EMT MER-C serta penyaluran bantuan medis lainnya untuk RS Indonesia.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

MER-C juga menyampaikan komitmennya untuk membangun kembali Rumah Sakit Indonesia jika situasi sudah memungkinkan.

Konvoi PBB ke Gaza Utara pada hari Rabu kemarin terdiri dari 10 kendaraan, termasuk dua truk yang mengangkut bantuan bahan bakar untuk operasional beberapa rumah sakit di Gaza Utara, termasuk Rumah Sakit Indonesia.

Sepanjang perjalanan menuju Gaza Utara yang terlihat adalah kehancuran dan puing-puing reruntuhan bangunan. Memasuki Bayt Lahiya, bangunan Rumah Sakit Indonesia mulai terlihat dan tampak masih berdiri kokoh meski mengalami banyak kerusakan akibat penyerangan dan pembakaran.

Pelayanan medis di RS Indonesia juga masih terus berjalan meski masih sangat minimal dan mengalami kesulitan bahan bakar.[]

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aktivis Wanita Israel Lempari Ben Gvir dengan Pasir

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia