Relawan RS Indonesia di Palestina Gelar Long March Cinta Al-Aqsa

, MINA – Puluhan relawan Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, , menggelar long march “Ghazwah Fath Al-Aqsa” sejauh 44 kilometer, dimulai dari Perbatasan Rafah di Gaza Selatan menuju Eresh di Gaza Utara, Rabu (14/8).

Sukarelawan berasal dari Jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah dari berbagai daerah di Indonesia.

Site Manajer Pembangunan Tahap II di Gaza, Edy Wahyudi mengatakan, long march yang diikuti oleh 29 relawan RS Indonesia tersebut adalah dalam rangka menunjukkan kepada dunia bahwa dukungan untuk masyarakat Palestina terus mengalir.

“Jalur yang dilalui adalah napak tilas jalur Salahudin saat membebaskan Al Aqsa dari arah Mesir melaui Gaza. Jalan yang pernah dilalui tersebut sekarang dinamakan Jalan Raya Salahudin,” kata Edy kepada MINA melalui pesan singkat, Kamis (15/8).

Edy mengatakan, long march dimulai dengan kegiatan salat Subuh berjamaah di Rafah, dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran surah Al-Isra ayat 1 – 7, pembacaan tata tertib, pebacaan Maklumat Ghazwah Fath Al-Aqsa, pembacaan doa dan pelepasan peserta.

“Selama perjalanan tiga kali istirahat. Kondisi cuaca pada siang hari sangat panas. Kondisi peserta beberapa orang mengalami kram di kaki dan perut dan ada juga yang mengalami pembengkakan di telapak kaki,” ujarnya.

Edy mengungkapkan, masyarakat Palestina sangat antusias menyambut lewatnya para peserta long march, antara lain memberikan salam, ucapan penyemangat bahkan ada yang memberikan konsumsi kopi panas, teh hangat, minuman dingin, snack dan es krim kepada seluruh peserta.

Ia melanjutkan, beberapa poin dari longmarch tersebut adalah pebebasan Masjid Al-Aqsa dan Kemerdekaan Palestina adalah kepastian dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Usaha pembebasan adalah ibadah mustamirah yang tidak dibatasi ruang dan waktu.

“Selama umat Islam bersatu, pertolongan pasti datang. Memuncaknya cobaan adalah tanda dekatnya pertolngan. Pembabasan Masjid Al-Aqsa dan Palestina adalah kewjiban seluruh umat Islam. Allah Akbar, Al-Aqsa Haqquna,” ujarnya.

Di akhir acara, disampaikan pula salam dari Imaamul Jama’ah Muslimin (Hizbullah) KH. Yakhsyallah Mansur untuk seluruh rakyat Gaza. Imaam, kata Edy, juga menitipkan pesan penyemangat, “Teruslah berjihad doa kami mengiringi kalian.” (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.