Remaja Masjid Majalengka Gencar Galakkan Pengalangan Dana Peduli Palestina dan Suriah

Majalengka, 27 Ramadhan 1437/2 Juli 2016 (MINA) – Ikatan Remaja Al-Furqon bekerjasama dengan Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah yang sebelumnya telah mengadakan kegiatan “Penggalangan Dana Majalengka Peduli dan ”, masih aktif berkeliling di desa-desa sekitar Kecamatan Lemah Sugih.

Koordinator Penggalangan Dana, Iqbal mengatakan bahwa kegiatan kemanusiaan ini digelar sejak Selasa (27/6) hingga Ahad (3/7) depan.

Dia menjelaskan, penggalangan dana peduli Palestina dan Suriah ini digelar di desa-desa sekitar Kecamatan Lemahsugih, seperti Sadawangi, Dayeuhwangi, Mekarwangi, dan Margajaya.

Dana yang terkumpul dari penggalangan dana kemanusiaan di sejumlah desa tersebut saat ini sudah terkumpul Rp6.615.100 dan beras sejumlah 3,5 kg.

“Kegiatan penggalanggan dana hari ini (2/7) digelar di Desa Kepuh. Pada Ahad besok (3/7) di sekitar Desa Sukajadi dan Padarek,” kata Iqbal kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu (2/7).

Sementara Umar Layung, perwakilan Tim KKN yang ikut melaksanakan kegiatan penggalangan dana kemanusiaan ini mengapresiasi antusias para pemuda anggota Remaja Masjid Al-Furqon melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu saudara seimannya yang sedang menderita akibat penjajahan dan konflik perang saudara.

“Sangat membanggakan dan bisa diberi acungan jempol. Bahkan saat penggalangan dana di Desa Margajaya kemarin, pada sore harinya hujan mengguyur cukup deras namun mereka masih tetap semangat menggalang dana,“ ungkapnya.

Ustaz Mudhafir selaku penanggung jawab program “Penggalangan Dana Majalengka Peduli Suriah dan Palestina” mengatakan bahwa penyerahan hasil penggalangan dana ini akan diberikan kepada lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) Biro Jawa Barat.

AWG adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsha. Lembaga AWG dibentuk berdasarkan keputusan yang dihasilkan oleh Sidang Akhir Al-Aqsa International Conference di Jakarta, pada 20 Sya’ban 1429 H atau 21 Agustus 2008 M. Kantor lembaga AWG berpusat di Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

“Acara penyerahan dana kemanusiaan ini akan dilaksanakan dengan serangkaian acara seremonial, dihadiri jama’ah masjid hingga pejabat daerah setempat di Masjid Al-Furqon Desa Sadawangi, ujarnya.

Dia menjelaskan, pengalangan dana yang diikuti para anggota remaja masjid itu bertujuan untuk memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan menghidupkan kepedulian antar umat Islam.

“Melalui penggalangan dana dengan tema Majalengka Peduli Suriah dan Palestina ini diharapkan masyarakat Muslim di sini dapat membangkitkan kesadaran untuk saling membantu saudara seimannya yang menderita di luar sana,” tutur Ustaz Mudhafir.

Kegiatan kemanusiaan ini juga didukung Camat Lemah Sugih, Deden Supriatna, S.Pd,M.MPd.. “Terimakasih Atas adanya kegiatan yang Positif ini dengan mengajak remaja masjid. Semoga Allah memberkahi dan membalas kebaikan para donatur. Allah senantiasa memberkahi saudara –saudara kita yang berada di Suriah dan Palestina khususnya pada bulan Ramadhan ini. Aamiin,” Uajar Deden. (L/Ibrahim/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.