Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rentetan Gempa Susulan Yogyakarta, BMKG Imbau Warga Waspada

Zaenal Muttaqin Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:25 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:25 WIB

47 Views

Rentetan gempa susulan masih terjadi di Jogja usai gempa utama berkekuatan M5,8 terjadi sekitar pukul 19.57 WIB, Selasa (27/8) pagi. (Foto: Screenshoot/BMKG)

Yogyakarta, MINA – Rentetan gempa susulan terus mengguncang wilayah Yogyakarta setelah gempa utama berkekuatan magnitudo 5,8 terjadi pada Senin (26/8) pukul 19.57 WIB.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga Selasa (27/8) pukul 08.35 WIB, lebih dari 76 kali gempa susulan tercatat di perairan selatan Yogyakarta.

Gempa susulan tersebut bervariasi dalam kekuatan, dengan gempa terkuat mencapai magnitudo 4,0 dan yang terlemah magnitudo 2,3.

BMKG menyarankan agar masyarakat tetap berhati-hati dan mewaspadai gempa susulan yang mungkin masih terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: WNI Asal Jember Bebas dari Hukuman Mati di Arab Saudi

Gempa Akibat Lempeng Megathrust

Daryono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG menjelaskan, gempa utama yang terjadi di Samudera Hindia Selatan Yogyakarta tersebut diakibatkan oleh pergerakan lempeng megathrust.

Gempa ini termasuk gempa megathrust, namun dengan kekuatan yang relatif kecil,” kata Daryono dalam siaran pers tertulis.

Pusat gempa atau episenter terletak pada koordinat 8,85° LS dan 110,17° BT, atau berlokasi di laut sekitar 107 kilometer barat daya Gunungkidul, pada kedalaman 42 kilometer.

Baca Juga: Kembangkan dan Perkuat Ekonomi Syariah, Pemprov Jateng Bentuk KDEKS

Gempa ini tergolong dangkal dan terjadi akibat deformasi batuan di kontak antar lempeng,” jelas Daryono. Analisis BMKG menunjukkan bahwa mekanisme gempa ini berupa pergerakan naik atau thrust.

Kerusakan Bangunan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaporkan adanya kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Hingga Senin malam, sedikitnya 10 rumah warga dan satu pasar dilaporkan mengalami kerusakan.

Kerusakan terparah terjadi di wilayah Nglipar dan Semanu, Gunungkidul, di mana delapan rumah warga mengalami kerusakan. Satu rumah di Sentolo, Kulon Progo, serta satu rumah di Pandak, Bantul, juga dilaporkan rusak.

Baca Juga: Universitas Mathla’ul Anwar Banten Selenggarakan Pelatihan Juru Sembelih Halal

Selain itu, kerusakan juga dilaporkan di Pasar Prambanan, Sleman, di mana genting di lantai empat jatuh berserakan ke lantai-lantai bawah.

“Tidak ada korban jiwa karena kondisi pasar sedang sepi,” kata Kepala BPBD Sleman, Makwan.

Imbauan BMKG dan BPBD

BPBD DIY terus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk memperbarui data kerusakan yang diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga: MINA dan MER-C Diskusi Peningkatan Sinergi untuk Palestina

“Kami masih dalam proses pengumpulan data untuk wilayah Kota Yogyakarta,” kata Kabid PD dan Damkarmat BPBD DIY, Edhy Hartana.

BMKG dan BPBD Sleman mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Mereka diminta tidak mempercayai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta mengakses informasi resmi melalui aplikasi InfoBMKG atau media sosial resmi BMKG.

Gempa susulan kemungkinan masih akan terjadi, namun situasi di lapangan saat ini dilaporkan kondusif. BMKG dan BPBD terus memantau perkembangan kondisi dan akan memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan. []

Mi’raj News Agency (MINA) 

Baca Juga: Prediksi Cuaca Jakarta: Cerah Berawan dan Hujan Ringan Kamis Ini

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia