Utusan Presiden Ajak Santri Upayakan Ketahanan Pangan

Utusan khusus Presiden, Mardiono saat memberikan bantuan disela kegiatan Launching Kegiatan Ketahanan Pangan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Baitul Hayat di Kecamatan Mancak, Kamis (13/6/2024). (Foto: Pemkab Serang).

Serang, MINA – Utusan Khusus Presiden RI Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono mengajak para santri untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan. Menurutnya, hal itu dapat dilakukan di lingkungan pesantren.

Mardiono menyampaikan imbauan tersebut saat meresmikan kegiatan ketahanan pangan di Pondok Pesantren Tahfidz Quran Baitul Hayat, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (13/6).

“Kegiatan ini dalam rangka mendorong santri membangun ketahanan pangan dengan mulai bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan di lingkungan pesantren, maupun memberikan sumbangsih kepada warga sekitar,” tuturnya.

Mardiono kemudian memberikan edukasi terkait bercocok tanam menggunakan teknologi modern.

“Sehingga nantinya tidak hanya bertani atau bercocok tanam, tapi hasilnya langsung diproses untuk masuk ke pasar yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” jelasnya.

Baca Juga:  Ismail Haniyeh: Bukan Kesepakatan Jika tak Akhiri Perang

Dia berharap, ke depannya lebih banyak pondok pesantren yang dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

“Harapan saya bisa memulainya dari pesantren kecil, karena kalau yang besar biasanya sudah mandiri. Dimulai dari pesantren kecil untuk memberikan edukasi serta bantuan, seperti alat pertanian yang dibutuhkan untuk mengolah, bercocok tanam, dan lainnya,” ungkapnya

Mardiono bersama PT Buana Centra Swakarsa juga memberikan bantuan berupa alat pertanian hand tractor, bibit benih ikan lele, bibit cabai, dan hewan kurban kepada Pesantren Tahfidz Quran Baitul Hayat.

Turut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Nanang Supriatna beserta jajaran, tokoh masyarakat Provinsi Banten KH Embay Mulya Syarief, Pimpinan Ponpes Tahfidz Quran Baitul Hayat H Holili, dan lainnya.[]

Baca Juga:  Umur Dunia Vs Umur Akhirat

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arina Islami

Editor: Zaenal Muttaqin