Restoran Halal Siap Sambut Olimpiade Tokyo 2020

Salah satu restoran halal di Jepang. (Foto: japan-guide.com)

Tokyo, MINA – Berbagai Restoran Halal Jepang telah siap dalam menyambut ribuan atlet dan turis Muslim yang akan hadir di berbagai pertandingan Olimpiade Tokyo 2020.

Sehingga selama rangkaian pertandingan di acara olahraga terbesar dunia itu, para atlet dan turis Muslim tidak perlu khawatir saat mencari makanan halal di Jepang.

Jumlah restoran halal di Jepang melonjak drastis sejak 2013 dari empat menjadi 180 restoran, termasuk perusahaan makanan yang menyajikan hidangan tradisional negeri Sakura itu, demikian Arab News melaporkan yang dikutip MINA pada Sabtu (18/1).

Pada tahun selanjutnya, yaitu 2014, Kanda University of International Studies membuka kafetaria Shokujin, yang disertifikasi oleh Nippon Asia Halal Association.

Selain itu, Restoran Curry House CoCo Ichibanya pun tidak mau kalah yang kemudian membuka cabang Akihabara halal pada 2017.

“Ketika orang-orang dari beragam agama dan budaya mengunjungi Jepang, kami ingin mengembangkan sebuah restoran di mana umat Islam dapat menikmati makanan yang bebas dari kekhawatiran (unsur-unsur haram),” demikian pernyataan dari Restoran Akihabara Halal.

Restoran halal tersebut menambahkan, meskipun tidak mudah untuk mendapatkan beberapa bahan baku halal, namun hal itu tidak menghambat mereka untuk terus berkembang lebih jauh.

“Saudari saya bekerja di Indonesia antara 2015 dan 2017, dan ketika dia meminta teman-teman Muslimnya di Indonesia untuk datang ke Jepang, mereka mengatakan tidak ada makanan yang bisa mereka makan karena sulitnya menemukan restoran halal di Jepang,” ungkap Direktur dan Manajer Halal Wagyu Yakiniku Panga Sung Gi Hong, salah satu pemilik restoran halal Jepang.

Hong melanjutkan, saat pihaknya mendengar itu, mereka pikir itu adalah hal yang menyedihkan karena ketika mereka bepergian mereka ingin menikmati makanan lokal, tetapi umat Muslim yang datang ke Jepang malah kesulitan untuk menemukan tempat di mana mereka dapat makan makanan halal.

“Restoran ini telah beroperasi sejak 1999, dan memperoleh sertifikasi halal pada 2015 dari Japan Halal Foundation, yang kemudian menarik perhatian sejumlah besar pelanggan Muslim,” ujar Hong.

“Banyak orang datang untuk mencoba A5 Premium Wagyu Platter kami, karena tersedia berbagai potongan daging sapi wagyu dan steak sirloin berkualitas yang dapat mereka nikmati,” pungkasnya.

Selain itu, ada pula restoran Shinjuku Gyoen Ramen Ouka yang menyajikan berbagai macam ramen vegetarian bagi mereka yang tidak menyukai kaldu dari daging babi tradisional.

Outlet halal lainnya di Tokyo termasuk Asakusa Sushi Ken, Sumiyakiya Halal Grill, Hanasaka Ji-san dan KO-SO Cafe Biorise.

Olimpiade merepakan event olahraga terbesar di dunia yang diselenggarakan empat tahun sekali. Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang rencananya akan digelar 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Tokyo diumumkan sebagai tuan rumah olimpiade musim panas ke-XXXII dalam sidang Komite Olimpiade Internasional (IOC) ke-125 di Buenos Aires, Argentina, pada tanggal 7 September 2013, dan diperkirakan ribuan atlet dan turis Muslim akan hadir d isana. (T/Nz/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)