Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Revolusi Bangladesh Munculkan Harapan Baru bagi Pengungsi Rohingya

Rudi Hendrik Editor : Bahron Ansori - 9 detik yang lalu

9 detik yang lalu

0 Views

Ilustrasi: Kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh. (Foto: Wikimedia Commons)

Pengungsi Rohingya bernama Shonjida, telah mengalami kebosanan, kesengsaraan, dan kekerasan selama bertahun-tahun di Bangladesh. Namun, penggulingan mantan perdana menteri yang otokratis, Sheikh Hasina, bulan lalu telah memberinya harapan baru untuk masa depan.

Sekitar satu juta anggota minoritas Muslim yang tidak memiliki kewarganegaraan dan teraniaya itu tinggal di kamp-kamp pengungsian Bangladesh yang luas, setelah mereka melarikan diri dari kekerasan di tanah airnya di Myanmar.

Hasina dipuji oleh masyarakat internasional pada tahun 2017 karena membuka perbatasan bagi sekitar 750.000 Rohingya yang melarikan diri dari tindakan keras militer Myanmar, yang sekarang menjadi subjek penyelidikan genosida PBB.

Namun, tahun-tahun setelah itu telah terjadi kekurangan gizi yang merajalela dan pertempuran senjata yang teratur di kamp-kamp tersebut, yang penghuninya berharap bahwa penggulingan Hasina yang telah terjadi akan membawa perhatian baru pada penderitaan mereka.

Baca Juga: Ribuan Massa di Australia Serukan Gencatan Senjata di Gaza dan Lebanon

“Kami dan anak-anak kami hidup dalam ketakutan di malam hari karena penembakan,” kata Shonjida yang berusia 42 tahun, yang hanya menggunakan satu nama. Dia berbicara kepada AFP.

Shonjida mengajar di salah satu pusat pembelajaran informal yang didirikan untuk anak-anak usia sekolah di kampnya, memberinya wawasan yang meresahkan tentang berbagai masalah yang dihadapi komunitasnya.

Pusat-pusat pembelajaran tersebut hanya mampu melayani sebagian kecil keluarga di kamp, ​​yang statusnya sebagai pengungsi membuat mereka tidak dapat bersekolah, kuliah, dan bekerja di pasar kerja lokal di Bangladesh.

Banyak muridnya kekurangan gizi. Menurunnya bantuan internasional telah memaksa pemotongan jatah secara berturut-turut.

Baca Juga: Presiden Iran Janji Beri Tanggapan Tegas kepada Rezim Kriminal Israel

Dan mereka ketakutan oleh ancaman kelompok militan yang bersaing memperebutkan kendali kamp, ​​dengan lebih dari 60 pengungsi telah tewas dalam bentrokan sepanjang tahun ini, menurut laporan media lokal.

“Kami menginginkan perdamaian dan tidak ada lagi baku tembak. Kami ingin anak-anak kami tidak takut lagi,” kata Shonjida.

“Sekarang setelah pemerintahan baru berkuasa, kami berharap pemerintahan tersebut akan memberi kami perdamaian, dukungan, makanan, dan keamanan.”

Penjara pulau di laut

Baca Juga: Afsel akan Serahkan Bukti Baru Kejahatan Israel ke Mahkamah Internasional

Hasina digulingkan bulan lalu dalam pemberontakan yang dipimpin oleh mahasiswa, yang memaksanya melarikan diri ke pengasingan di negara tetangga India, beberapa saat sebelum ribuan orang menyerbu istananya di ibu kota Dhaka.

Revolusi tersebut mengakhiri kekuasaan Hasina selama 15 tahun yang dicemari oleh pembunuhan di luar hukum terhadap lawan-lawannya, pembatasan pers, dan tindakan keras terhadap masyarakat sipil.

Keputusannya untuk menerima pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar membuatnya memperoleh penangguhan hukuman diplomatik dari Washington dan ibu kota negara Barat lainnya, yang sebelumnya mengeluarkan teguran rutin atas pelanggaran yang dilakukannya selama masa jabatannya.

Namun, perjuangan pemerintahnya untuk mengakomodasi para pengungsi pada tahun-tahun berikutnya juga menjadi subjek kritik rutin oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Baca Juga: Rusia Salahkan Israel atas Ketegangan di Timteng Usai Bunuh Pemimpin Hezbollah

Pemerintah merelokasi sedikitnya 36.000 warga Rohingya ke pulau Bhashan Char yang sebelumnya tidak berpenghuni dan rawan badai, demi mengurangi kepadatan di kamp-kamp.

Banyak dari mereka yang dikirim ke sana mengatakan bahwa mereka dipaksa untuk pergi. Seorang pengungsi menggambarkan rumah baru mereka kepada Human Rights Watch (HRW) sebagai “penjara pulau di tengah laut”.

Situasi yang menyedihkan di kamp-kamp tersebut juga mendorong ribuan orang untuk melakukan perjalanan laut yang berbahaya untuk mencari perlindungan baru di negara-negara Asia Tenggara. Banyak yang tenggelam di laut.

Bagaimana kami bisa kembali?

Baca Juga: WHO: Akses Kesehatan di Sudan Sangat Terbatas

Peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus, yang memimpin pemerintahan sementara menjelang pemilihan umum baru, memulai masa jabatannya bulan lalu dengan berjanji untuk terus membantu pengungsi Rohingya.

Banyak pengungsi mengatakan bahwa mereka merasa antusias oleh pekan-pekan awal pemerintahan pria berusia 84 tahun itu.

“Kami melihat di Facebook dan YouTube bahwa banyak pemimpin komunitas kami telah berbicara kepada mereka dan bertemu dengan mereka,” kata pemimpin komunitas Rohingya Hamid Hossain, 48 tahun. “Saya lebih berharap sekarang.”

Namun, Yunus juga mengatakan bahwa Bangladesh membutuhkan “upaya berkelanjutan dari komunitas internasional” untuk menjaga Rohingya.

Baca Juga: Sedikitnya 64 Orang Tewas Akibat Badai Helene di Tenggara AS

Pekan ini ia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dan melobi untuk mendapat lebih banyak bantuan asing bagi Rohingya, dengan Departemen Luar Negeri AS mengumumkan hampir $200 juta dalam pendanaan tambahan setelah Yunus menghadiri pertemuan pribadi dengan Presiden Joe Biden.

Yunus juga menyerukan percepatan pemukiman kembali Rohingya di negara ketiga, di saat prospek pengungsi untuk dikembalikan dengan aman ke rumah asalnya tampak lebih tipis dari sebelumnya.

Suku Rohingya mengalami diskriminasi selama puluhan tahun di Myanmar, di mana pemerintah-pemerintah yang berkuasa secara bergantian menggolongkan mereka sebagai imigran ilegal, meskipun mereka sudah lama tinggal di negara tersebut.

Pemerintah Hasina dan Myanmar membuat beberapa rencana yang gagal untuk membangun skema repatriasi, yang ditentang oleh para pengungsi yang tidak ingin kembali ke rumah tanpa jaminan keselamatan dan hak-hak sipil mereka.

Baca Juga: PM Palestina dalam Sidang PBB Desak Tanggung Jawab Global

Situasi keamanan telah memburuk secara drastis sejak tahun lalu. Daerah komunitas-komunitas mayoritas Rohingya di Myanmar telah menjadi lokasi bentrokan sengit antara militer dan tentara pemberontak yang memerangi junta militer negara tersebut.

“Ada pembunuhan di sana,” kata pengungsi Mohammad Johar, 42 tahun, kepada AFP. “Bagaimana kami bisa kembali?” []

Sumber: Mizzima

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sebanyak 38 Orang Tewas Imbas Banjir dan Tanah Longsor di Nepal  

Rekomendasi untuk Anda