Ribuan Pemukim Israel Unjuk Rasa Selama 19 Pekan Menentang Pemerintahan Netanyahu

(Foto: Press TV)

Tel Aviv, MINA – Ribuan pemukim Israel telah melakukan demonstrasi di seluruh wilayah pendudukan selama 19 pekan berturut-turut untuk mengecam kepemimpinan , termasuk rencana perombakan peradilan.

Demonstrasi juga diadakan pada Sabtu (13/5) di Tel Aviv dan kota-kota lain di seluruh wilayah pendudukan.

“Jika hidup masih berlangsung, itu berarti kami akan terus melakukan protes dan kami akan melakukan apa pun yang kami lakukan setiap pekan,” kata seorang pengunjuk rasa seperti dikutip dari Press TV, Ahad (14/5).

Melalui rencana perombakan kabinet, Netanyahu berusaha memegang lebih banyak kendali atas Mahkamah Agung, yang akan membuatnya hampir tidak mampu menolak keputusan politik kelompoknya.

Para pro Netanyahu mengatakan, perubahan itu akan mencapai keseimbangan antara kekuasaan yang dimiliki oleh kabinet Israel dan pengadilan.

Namun, para oposisi mencela apa yang disebut perombakan sebagai skema yang bertujuan untuk menyerahkan kekuasaan yang tidak terkendali kepada kelompok pro pemerintah.

Demonstrasi telah berlangsung sejak Januari, ketika kabinet Israel mengumumkan keputusannya untuk melanjutkan rencana tersebut.

Protes pekanan terus berlanjut, bahkan setelah Netanyahu mengumumkan “jeda” pada 27 Maret untuk memungkinkan pembicaraan lebih lanjut tentang rencana tersebut, yang bergerak melalui parlemen rezim.

Protes telah menyebar ke semua strata sosial di seluruh wilayah pendudukan.

Kabinet Israel, yang berisi antara Partai Likud Netanyahu dan sekutu politik ekstrem kanan dan ultra-Ortodoks, telah berjanji untuk melanjutkan skema tersebut.

Protes terhadap rencana perombakan peradilan datang dengan latar belakang ketidakpuasan publik secara keseluruhan terhadap kinerja kabinet Israel.

Jajak pendapat yang dilakukan saluran televisi Israel, KAN 11, pekan lalu, menunjukkan, 74 persen pemukim Israel menyatakan tidak puas terhadap kebijakan politik kabinet Netanyahu.(T/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.