Ribuan Pengunjuk Rasa di London Tuntut Kemerdekaan Palestina 

Foto: Wafa

London, MINA – Ribuan pengunjuk rasa di London menuntut kemerdekaan bagi Palestina dan menentang kebijakan pemerintah Inggrus yang dipimpin Partai Konservatif (Tory).

Para pengunjuk rasa berjalan melintasi pusat kota London menuju Parlemen, sambil meneriakkan, “Tories out, Free, free Palestine, satu dunia, satu perjuangan,”. Demikian Wafa melaporkan, Sabtu (27/6).

Beberapa pembicara, seperti mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn, anggota parlemen Partai Buruh Zara Sultana dan aktivis Black Lives Matter Majestic Marvina, menyampaikan orasi di depan massa.

Para pengunjuk rasa terlihat berjalan di Oxford Street dalam jumlah besar setelah berkumpul di Hyde Park membawa spanduk mendukung Palestina, sementara yang lain mengangkat tinggi-tinggi slogan anti-lockdown.

Pawai pro-Palestina dihadiri oleh tokoh politik Inggris terkemuka termasuk Jeremy Corbyn, yang juga pemimpin partai oposisi utama, Partai Buruh.

Sebelumnya, di akun twitternya, ia menulis, “Serangan provokatif yang disengaja terhadap masjid Al-Aqsa dan rumah-rumah warga Palestina yang sedang berlangsung di Sheikh Jarrah, merupakan kekerasan yang mengerikan di Yerusalem”.

“Sebagai kekuatan pendudukan, pemerintah Israel bertanggung jawab memperbaiki situasi saat ini dan tidak memperburuknya, ” tulisnya.

Sementara itu, lewat akun twitternya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Rabu menuliskan, “Saya mendesak Israel dan Palestina untuk mundur dari jurang konflik dan kedua belah pihak menahan diri”.

“Inggris sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan terhadap korban sipil dan kami ingin segera melihat situasi yang lebih baik,” katanya. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.