RIBUAN RAKYAT PALESTINA RAYAKAN KEMENANGAN

Pejuang bersama rakyat di Gaza rayakan kemenangan Palestina (Foto: Reuters)
Pejuang bersama rakyat di rayakan Palestina (Foto: Reuters)

Gaza, 1 Dzulqaidah 1435/27 Agustus 2014 (MINA) – Ribuan warga di Gaza berhamburan merayakan kemenangan dan pemenuhan tuntutan , setelah pemerintah Israel dan kelompok pejuang Palestina menyetujui permanen mengakhiri pertempuran di Gaza.

“Ribuan warga Gaza turun ke jalan merayakan kemenangan mereka dengan tercapainya gencatan senjata,” Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan dari Gaza, Rabu dini hari (27/8).

Koresponden MINA itu menyampaikan laporan ini sambil mendampingi Rina Wati -WNI asal Cianjur- menuju perbatasan Rafah dalam upaya segera keluar dari Jalur Gaza.

Dengan gembira para pejuang Palestina melepaskan tembakan ke udara, sementara sebagian warga lain terlihat membagi-bagikan permen.

Ratusan warga Palestina membawa pengungsi di dalam rumah sakit As-Shifaa di Gaza City dan menyalakan petasan dalam perayaan.

Banyak warga menunjukkan tanda “v” (victory) dengan  dua jarinya sebagai simbol kemenangan Palestina atas Israel.

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry mengatakan, kesepakatan juga berisi seruan pembukaan semua penyeberangan perbatasan antara Jalur Gaza dan Israel, yang secara efektif akan menandakan akhir dari embargo panjang Israel terhadap Gaza, Anadolu Agency melaporkan.

Kantor berita Reuters dan AP mengutip para pejabat Israel yang mengatakan pemerintah Israel telah menerima kesepakatan. Media Israel pun melaporkan hal yang sama.

Wakil pemimpin Hamas di pengasingan, Moussa Abu Marzouk, mengatakan kesepakatan itu merupakan “kemenangan bagi perjuangan”, Al Jazeera melaporkan.

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengatakan pada hari Selasa dari Tepi Barat yang diduduki, bahwa proposal kesepakatan yang baru telah diterima oleh semua pihak dan gencatan senjata diberlakukan mulai pukul 19.00 waktu Gaza (23.00 WIB).

Ia menyambut kesepakatan itu sebagai sebuah kesempatan untuk “membangun negara baru dan mengakhiri pendudukan”.

Sejumlah pejuang di Tepi Barat juga menembakkan senjata ke udara sebagai bentuk perayaan kemenangan Palestina. (L/P001/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0