Ribuan Santri Bersalawat Peringati Hari Santri 2019

Jakarta, MINA – Ribuan santri putra dan putri menggelar salawat bersama dalam memperingati hari santri di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (21/10) malam.

Hadir dalam acara itu Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Ahmad Zayadi.

Zayadi mengatakan, peringatan Hari Santri 2019 ini bertema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”, demikian keterangan tertulis yang diterima MINA.

“Ini tentu tema yang sangat luar biasa. Kami ingin memacu kontribusi santri, pesantren yang berkaitan dengan isu-isu tentang perdamaian di tingkat dunia,” kata Zayadi.

Menurutnya, kegiatan ini terasa istimewa karena bertepatan dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

“Pemerintah bersamaan dengan DPR Republik Indonesia telah mengesahkan dan telah mengundangkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pesantren,” ucapnya.

Dengan UU itu, ia menilai banyak hal yang dapat dilakukan oleh para santri Indonesia. Baik dari sektor pendidikan, dakwah, dan peran pemberdayaan masyarakat.

“Dengan tiga peran ini, maka saya kira ke depan peluang untuk meningkatkan kapasitas pesantren akan semakin lebih terbuka. Ini sesuatu yang harus disyukuri bersama-sama,” ujarnya. (R/LM/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.