Ribuan Siswa Ikuti Seleksi PPBD 20 MAN IC Di Seluruh Indonesia

(Foto: )

 

Pekalongan, 20 Jumadil Akhir 1438/19 Marer 2017 (MINA) – Ribuan siswa lulusan MTs dan SMP dari segenap penjuru negeri memperebutkan 1.916 kursi yang tersedia di 20 Madrasah Aliyah Insan Cendekia () melalui seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Seleksi PPDB ini digelar sejak 18 Maret kemarin serentak pada 38 tempat di 29 Provinsi.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, dalam laman Kemenag, tingginya animo siswa yang mendaftar menandakan MAN IC sudah melekat di hati masyarakat sebagai madrasah berprestasi.

“Prestasi peserta didik MAN IC dalam berbagai even, baik regional, nasional bahkan internasional menjadi bukti yang telah mengkapitalisasi ingatan publik bahwa madrasah ini memang unggul,” ujarnya, Sabtu (18/3).

Sementara itu pelaksanaan seleksi PPDB MAN IC di Kota Pekalongan berjalan lancar. Menurut Plt. Kepala MAN IC Kota Pekalongan Ahmad Najid, pendaftar PPDB di MAN IC Kota Pekalongan tahun ini meningkat dari sebelumnya.

“Tercatat ada 378 siswa yang mendaftar di MAN IC Kota Pekalongan. Adapun total siswa yang menjadikan MAN IC Kota Pekalongan sebagai pilihan pertama mencapai 538,” terangnya.

Mereka tidak saja berasal dari Jawa Tengah, lanjutnya, tapi juga dari Jawa Timur, Jakarta dan Jawa Barat. Mereka berkompetisi untuk memperebutkan 96 kursi yang tersedia.

Kendati baru dua tahun beroperasi, MAN IC Kota Pekalongan sudah sarat dengan prestasi membanggakan. Selain prestasi akademik, delapan siswa MAN IC Kota Pekalongan juga telah hafidz 10 Juz Al-Quran.

Kepala Bagian Organisasi Kepegawaian dan Hukum Ditjen Islam M. Munir yang ikut memantau ujian PPDB di MAN IC Kota Pekalongan mengapresiasi panitia yang telah mengggelar pelaksanaan test tepat waktu dan tidak mengalami kendala berarti.

Hasil tes ujian penerimaan MAN IC ini akan diumumkan pada 10 April 2017 mendatang.

Hadir juga dalam proses seleksi ini, Tim Monitoring Inspektorat Jenderal yang di pimpin Ali Zakiuddin, PMU MAN Insan Cendekia Ruchman Basori, utusan Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah Aini Saadah, Kepala Kementerian Agama Kota Pekalongan Imam Tobroni, Kasubag TU Pimpinan Ali Fahrudin, serta tim Institut Assesment Indonesia (IAI) dari Fakultas Psikologi UIN Jakarta Ihwan Lutfi dan Alfiannur Lutfi Hasan. (T/R09/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.