Ribuan Warga di Roma Dukung Palestina

Roma, MINA – Ribuan warga berkumpul di Roma, Italia menyuarakan dukungan bagi Palestina dan mengecam serangan Israel baru-baru ini terhadap Gaza.

Demonstrasi tersebut dihadiri oleh orang-orang dari berbagai negara, termasuk warga Italia, Palestina, dan Arab dari segala kelompok umur. Anadolu Agency melaporkan, Jumat (13/10).

Peserta demo menyerukan “Bebaskan Palestina”, “Bebaskan Yerusalem”, dan “Kebebasan untuk Gaza”, dan suar merah dan hijau dinyalakan dengan warna bendera Palestina.

Para pengunjuk rasa membawa poster yang menuntut segera diakhirinya pemboman tanpa henti di Gaza.

Valeria, warga Italia, yang memegang bendera Palestina, menyuarakan komitmennya terhadap perjuangan Palestina dan keprihatinannya terhadap ekspansi Israel ke wilayah Palestina.

Dia mengkritik pemerintah Barat karena dianggap diam dan terlibat.

Baca Juga:  Ana/Tiwi Satu-satunya Wakil Indonesia Tembus Final Thailand Open 2024

“Kita semua bersalah, terutama pemerintah Barat, karena tidak pernah mendorong pembentukan negara Palestina dan terus mendukung Israel,” ujarnya.

Unjuk rasa melibatkan banyak mahasiswa yang melakukan prosesi untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina, di tengah adanya laporan bentrok fisik antara demonstran dan pihak keamanan.

Unjuk rasa lain untuk Palestina diadakan di Naples.

Masjid-masjid di Italia menggelar shalat ghaib untuk warga Palestina setelah shalat Jumat (13/10), menggarisbawahi keprihatinan dan empati yang luas terhadap komunitas warga Gaza yang terblokade.

Unjuk rasa solidaritas dijadwalkan akan berlangsung di Milan, Palermo dan Turin dalam beberapa hari mendatang.  (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)