Rina Indiastuti, Muslimah Jadi Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2021

Bandung, MINA – Prof. DR. Rina Indiastuti dilantik sebagai  Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, periode 2019-2021, Senin (7/10), di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Bandung, Jawa Barat.

Ia adalah wanita pertama menjadi Rektor Unpad. Dengan demikian profesor yang biasa memakai hijab ini adalah pula muslimah pertama yang dipercaya memimpin universitas terkemuka ini. Sebelas rektor sebelumnya semuanya pria.  .

Guru Besar Fakultas  Ekonomi Unpad berusia 58 tahun itu  dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, Rudiantara dan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan,

Pelantikannya juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Rudiantara menjelaskan, pada proses terakhir pemilihan Rektor Unpad ada sembilan calon rektor yang disaring oleh senat akademik hingga akhirnya menghasilkan enam calon.

“Banyak yang menghubungi saya kenapa si ini enggak masuk, kenapa si itu enggak masuk. Sebelum jadi PTNBH proses (pemilihan rektor) seluruhnya oleh senat akademik,” katanya.

Ia mengungkapkan, ke-enam kandidat rektor, tidak berkompetesi, tidak saling menjegal satu sama lain namun bisa saling melengkapi.

“Dan yang dipilih adalah yang cocok bawa Unpad lima tahun ke depan. Pemilihan kemarin berlangsung secara aklamasi. Aklamasinya kita mufakat, kita mufakat dulu baru bermusyawarah mufakat,” tambahnya.

Profil Rina Indiastuti

Rina Indiastuti lahir di Kediri, 10 Januari 1961, menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi di Unpad pada 1984, Magister Manajemen Industri di ITB pada 1989, dan Doktor Ekonomi Industri di Osaka Prefecture University, Jepang, pada 1999.

Ia merupakan guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Ia pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unpad 2009-2012, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan pada 2012-2015.

Pada 2017-2019, Rina menjadi Sekretaris Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). Ia kemudian menjadi Plt Rektor Unpad menggantikan rektor sebelumnya yang habis masa jabatan, Tri Hanggono Achmad.

Unpad berdiri 11 September 1957. Hingga kini sudah ada 11 rektor yang memimpin kampus yang berada di Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Pangandaran tersebut. (A/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.