Rohingya Jadi Salah Satu Agenda Utama Pertemuan Menlu OKI

Niamey, Niger, MINA – Para delegasi menteri luar negeri negara-negara Organissi Kerjasama Islam – OKI – (CFM) ke 47 mulai Jumat (27/11) selama dua hari mengadakan pertemuan di Niamey, Niger.

OKI beranggotakan 57 negara.

Sekretaris Jenderal OKI Dr Yousef Al-Othaimeen mengatakan,  salah satu  agenda utama yang dibahas adalah bagaimana mengangkat kasus genosida Rohingya ke Mahkamah Internasional (ICJ) dan  mengumpulkan dana untuk membantu  Rohingya. Dhaka Tribune melaporkan dari Bangladesh.

Di samping itu dibahas masalah-masalah  lain yang berkaitan dengan dunia Muslim seperti perjuangan Palestina, perang melawan kekerasan, ekstremisme dan terorisme, Islamofobia dan penistaan ​​agama.

Peserta akan akan membahas masalah politik, kemanusiaan, ekonomi, sosial budaya dan lainnya yang terkait dengan iptek, media dan kemajuan implementasi rencana aksi OKI 2025.

Situasi minoritas Muslim dan komunitas di negara-negara non-anggota serta peradaban, promosi dialog budaya dan agama, dan masalah-masalah lain juga akan disinggung, kata sekretariat OKI. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)