Rouhani: Dunia Akui Kegagalan Perang Ekonomi AS Lawan Iran

Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: Presiden Iran)

Teheran, MINA – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan, seluruh dunia telah mengakui bahwa perang ekonomi yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) melawan Iran telah gagal berkat perlawanan rakyat Iran.

Rouhani membuat pernyataan dalam pertemuan hari Senin (26/4) dengan sekelompok pebisnis di Teheran.

“Tujuan perang ekonomi yang dilancarkan oleh [Presiden AS Donald] Trump terhadap bangsa Iran adalah untuk menyebabkan negara itu runtuh dan menggulingkan [Islam],” katanya, Press TV melaporkan.

“Hari ini, karena perlawanan dan ketabahan bangsa Iran dan berkat pedoman yang dikeluarkan oleh Pemimpin [Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei] dan upaya yang dilakukan [oleh pemerintah, seluruh dunia dan AS sendiri telah mengakui kegagalan perang ekonomi [Washington],” tambahnya.

Rouhani mengatakan, mempertahankan posisi luhur Iran dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, ekonomi, teknologi dan politik adalah prasyarat untuk kemajuan dan pembangunan negara.

Dia mencatat bahwa pemerintahannya telah melakukan upaya habis-habisan untuk mempromosikan status Iran di kawasan dan di seluruh dunia.

Dia menambahkan, setelah dimulainya pembicaraan kesepakatan nuklir di Wina, dunia menyadari bahwa adalah mungkin untuk mengadakan negosiasi dengan Iran dan mencapai kesepakatan berdasarkan dialog, bukan dengan embargo. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.