RS Indonesia di Gaza: Mulai Tiba Alat Kesehatan untuk Dua Lantai Tambahan

foto: MER-C

Gaza, MINA – Lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis, Medical Emergency Rescue Committee (), melakukan penambahan sejumlah alat kesehatan untuk mengisi dua lantai tambahan RS Indonesia di Gaza yang baru dibangun.

“Beberapa alat kesehatan sudah tiba di Rumah Sakit Indonesia di Gaza sejak Kamis, 19 Agustus 2021 lalu,” kata Site Manager Pembangunan RS Indonesia di Gaza, Ir. Edy Wahyudi kepada MINA, Sabtu (18/9).

Edy mengatakan, alat-alat kesehatan yang sudah tiba yaitu Medical and Office Furniture Pack, didatangkan dari Turki dan China, di antaranya Cabinet Instrumen 12 unit, Cabinet Pharmacy 12 unit, Cabinet Linen 12 unit, Cabinet Instrumen for Endoscope 2 unit, Trolley Instrument 6 unit, Trolley Laundry 6 unit, Trolley Medicine 10 unit, dan Table bedside 120 unit.

Sementara, untuk alat medical equipment pack, kata Edy, khusus didatangkan dari China dan Jepang, di antaranya; Bed Transfer 7 unit, Ant Decubitus Mattress 22 unit, Infusion Pump 22 unit.

“Ada juga yang kami datangkan dari Korea dan Italia, yaitu Syringe Pump 32 unit, Pulse Oximeter portable 12 unit, Suction Pump Portable 10 unit,” ujar Edy.

Namun, katanya, masih banyak alat kesehatan RS Indonesia Tahap Kedua yang belum datang atau masuk ke Gaza .

“Presentase kedatangan alat-alat kesehatan tambahan di tahap dua yakni, Paket Medical Office Furniture 66,67 persen, Paket Medical Equipment 30,43 persen, Paket Peralatan ICCU dan Paket Peralatan Endoscopy masih 0 persen,” ujar Edy.

RS Indonesia di Gaza merupakan inisiasi Lembaga Kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) yang dalam pembangunannya bekerjasama dengan jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah. (L/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.