Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Pulau Galang Resmi Beroperasi

Batam, MINA – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono meresmikan operasional Rumah Sakit Khusus bagi pasien Covid-19 di  Pulau Galang, Provinsi Kepulaua Riau, Senin (6/4).

Dalam sambutannya, Yudo menyampaikan, peresmian operasional Rumah Sakit Khusus ini, sesuai dengan Instruksi Presiden RI dari rencana alokasi waktu pembangunan yang diberikan.

Rumah Sakit tersebut memiliki fasilitas 340 ruangan observasi dan 20 ruangan untuk isolasi rumah sakit khusus siap digunakan. Pengoperasiannya di bawah kendali Pangkogasgabpad wilayah Pulau Galang yaitu Pangdam I/Bukit Barisan.

Rumah Sakit Khusus pasien Covid-19 di Pulau Galang ini dibangun oleh pemerintah untuk warga Indonesia terutama bagi pekerja migran yang banyak jumlahnya, tetapi apabila ada pasien rujukan dari Rumah Sakit daerah di Indonesia akan tetap diterima, termasuk masyarakat yang datang langsung.

Di hadapan awak media, Yudo Margono mengatakan bahwa kesiapan sarana dan prasarana termasuk tenaga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, Pemda dan relawan sudah siap, yang berjumlah 241 orang termasuk messing dan tim pendukung. Untuk dapur lapangan akan menggunakan tim dari Bekangdam I.

Akses menuju rumah sakit ini telah disiapkan 3 buah Helipad, dan juga pelabuhan Laut, yang dapat digunakan apabila dalam situasi emergensi. Sedangkan untuk screening dilaksanakan di pelabuhan, dan apabila terindikasi Covid-19 baru  di observasi atau diisolasi di Rumah Sakit darurat khusus.

Pulau Galang dahulu menjadi tempat penampungan pengungsi-pengungsi yang melarikan diri dari Vietnam yang dilanda perang. Mereka biasa disebut sebagai manusia perahu.(R/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)