Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rupiah Berpotensi Melemah Efek Konflik di Timur Tengah

Widi Kusnadi Editor : Bahron Ansori - 11 detik yang lalu

11 detik yang lalu

0 Views

Ilustrasi rupiah dan dolar. (foto: istimewa)

Jakarta, MINA – Memanasnya situasi di Timur Tengah berefek rupiah berpotensi melemah terhadap dolar AS dalam perdagangan hari ini, pada akhir pekan lalu, rupiah mengalami penurunan 0,40 persen (62,50 poin) ke posisi Rp15.646 per dolar AS.

Rupiah masih berpotensi melemah hari ini terhadap dolar AS. Pelemahan dipicu oleh memanasnya situasi di Timur Tengah,” ucap Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra, Senin (28/10).

Konflik Israel ke Iran dan Lebanon membuat situasi di Timur Tengah memanas, “hal ini mendorong pelaku pasar masuk ke aset aman, diantaranya dolar AS,” kata Ariston.

“Selain itu, ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan Amerika Serikat lebih kecil, karena kondisi ekonomi AS yang masih solid. Hal ini  juga membantu penguatan dolar AS,” ujar Ariston.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Jakarta Dominan Cerah Senin Ini

Pelaku pasar juga memperkirakan kemenangan Donald Trump di Pilpres AS yang akan dihelat pekan depan. Kepemimpinan Trump sebelumnya, yang memicu perang dagang dengan negara lain, turut mendukung penguatan dolar AS.

“Potensi pelemahan rupiah hari ini  ke arah Rp15.700-15.730.  Sementara potensi support di sekitar Rp15.600 per dolar AS,” tutup Ariston.[Ft]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Panen Perdana Warga Semarang Tanam Padi di Lahan Berair Asin

Rekomendasi untuk Anda

Eropa
Indonesia
Asia
Internasional
Dunia Islam