Rusia-AS Bahas Kerja Sama Suriah 8-9 September

Moskow, 6 Dzulqa’dah 1437/8 September 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri dan (AS), Sergei Lavrov dan John Kerry akan bertemu pada 8-9 September di Jenewa untuk mencoba menuntaskan kesepakatan kerjasama di Suriah.

Rencana itu diungkapkan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow pada Rabu (7/9) kepada kantor berita AFP.

Dua diplomat tersebut sepakat melakukan pertemuan pribadi setelah bekerja pada rincian yang tersisa untuk kesepakatan yang bertujuan memerangi kelompok bersenjata di Suriah dan mendorong kemajuan proses perdamaian di negara itu, demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Rusia dan AS adalah dua pihak yang berlawanan dalam konflik lima tahun di Suriah. Mereka telah mencoba untuk membicarakan kesepakatan dalam beberapa pekan terakhir untuk menghidupkan kembali gencatan senjata di lapangan dan mengkoordinasikan serangan terhadap kelompok Islamic State (ISIS/Daesh) dan kelompok bersenjata Muslim lainnya.

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin dan Barack Obama mengadakan pembicaraan pada Senin di sela-sela KTT G20 di Cina, tetapi gagal menjembatani perbedaan mereka.

Rusia melakukan serangan udara di Suriah mendukung pemerintahan Bashar Al-Assad, sementara AS mendukung kelompok oposisi yang berjuang untuk menggulingkannya Assad dari kekuasaannya. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.