Rusia Cabut Larangan Impor Tomat dari Turki

Moskow, MINA – Rusia menandatangani sebuah dekrit pada Jumat (27/10) yang mencabut larangan impor tomat dari Turki mulai 1 November.

“Amandemen tersebut akan memungkinkan Turki mengekspor tomat dalam jumlah yang disetujui oleh Kementerian Pertanian di bawah jaminan agen Turki yang kompeten dengan pengawasan Layanan Federal mulai 1 November 2017,” kata pemerintah Rusia dalam sebuah pernyataan.

Pada 18 Oktober, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan,  mereka akan mengizinkan impor 50.000 ton tomat Turki ke Rusia mulai dari bulan Desember. Demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip MINA.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Rusia Arkady Dvorkovich mengatakan,  pemerintah Moskow juga mengharapkan Turki akan membuka pasarnya untuk produsen daging Rusia “segera”, menurut kantor berita resmi TASS Rusia.

Rusia telah melarang beberapa impor pertanian Turki dan juga perusahaan yang terlibat dalam konstruksi, teknik, dan pariwisata, menyusul ditembakjatuhnya jet tempur Rusia oleh pasukan Turki pada tahun 2015.

Namun, selama musim panas ini, Rusia melonggarkan sanksi perdagangan yang dilakukan di Turki. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)