Rusia Dukung Rencana Konferensi Perdamaian Palestina-Israel

Moscow, MINA – Wakil Menteri Luar Negeri sekaligus Utusan Khusus negara untuk Timur Tengah dan Afrika Mikhail Bogdanov menyatakan, Moskow mendukung inisiatif yang diusulkan oleh Presiden Mahmoud Abbas untuk mengadakan internasional.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat bertemu dengan Direktur Departemen Politik Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Anwar Abdul-Hadi di Moskow, Kamis (8/11), demikian MEMO melaporkan dikutip MINA.

Bogdanov memuji sikap Abbas yang ia gambarkan sebagai kebijaksanaan untuk mendukung stabilitas di kawasan itu berdasarkan resolusi legitimasi internasional.

Pejabat Rusia itu menegaskan kembali dukungan negaranya untuk rakyat Palestina, hak mereka untuk menentukan nasib dan mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Abdul-Hadi sendiri menekankan pentingnya dukungan secara finansial sehubungan dengan defisit UNRWA saat ini setelah Amerika Serikat (AS) menghentikan pendanaannya. Dia juga menekankan kebutuhan untuk mendukung rekonstruksi kamp-kamp Palestina di Suriah.

Pada bulan Agustus, pemerintah AS mengatakan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan keuangannya dari Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), menolak hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah-rumah tempat mereka dipaksa keluar untuk memberi jalan bagi penciptaan “negara” Israel pada tahun 1948.

Para pejabat Palestina juga memuji rencana Abbas untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional multilateral serta upaya Otoritas Palestina (PA) untuk mengakhiri divisi internal negara itu. (T/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)