Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rusia Hapus Taliban dari Daftar Teroris

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - 22 detik yang lalu

22 detik yang lalu

0 Views

Tentara keamanan Taliban berpatroli. (Foto: Anadolu)

Moskow, MINA – Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan keputusan untuk menghapus Taliban dari daftar organisasi teroris telah “diambil pada level tertinggi.”

“Keputusan tersebut perlu ditindaklanjuti dengan berbagai prosedur hukum untuk mewujudkannya,” kata Perwakilan Khusus Presiden Vladimir Putin untuk Afghanistan, Zamir Kabulov pada Jumat (4/10). Demikian dikutip dari The New Arab, Sabtu (5/10).

Putin mengatakan pada Juli bahwa Rusia menganggap gerakan Taliban Afghanistan sebagai sekutu dalam perang melawan terorisme.

Rusia telah perlahan membangun hubungan dengan Taliban sejak merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021, ketika pasukan AS mundur setelah 20 tahun perang, tetapi gerakan tersebut secara resmi masih dilarang di Rusia.

Baca Juga: Pangkalan Udara Israel Rusak Akibat Serangan Rudal Iran

Tidak ada negara yang secara resmi mengakui Taliban sebagai pemimpin sah negara tersebut, meskipun China dan UEA telah menerima duta besarnya.

Rusia menambahkan Taliban ke dalam daftar organisasi terorisnya pada tahun 2003. Menghapusnya akan menjadi langkah penting bagi Moskow untuk menormalisasi hubungan dengan Afghanistan.

Penjabat Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi, mengatakan dalam pidatonya di Moskow bahwa keputusan terbaru Kazakhstan dan Kirgistan untuk menghapus mantan pemberontak tersebut dari daftar kelompok terlarang merupakan langkah yang disambut baik.

“Kami juga menghargai pernyataan positif dari pejabat tinggi Federasi Rusia dalam hal ini dan berharap untuk segera melihat langkah-langkah yang lebih efektif,” katanya.

Baca Juga: Serangan Rudal Iran Bongkar Kelemahan Sistem Pertahanan Israel

Dalam komentar terpisah pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Moskow yakin akan perlunya mempertahankan “dialog pragmatis” dengan pemerintah Afghanistan saat ini.

“Jelas bahwa mustahil untuk menyelesaikan masalah atau bahkan membahas penyelesaian Afghanistan tanpa Kabul,” kata Lavrov.

“Moskow akan melanjutkan jalurnya untuk mengembangkan hubungan politik, perdagangan, dan ekonomi dengan Kabul,” tambahnya, saat berbicara dalam sebuah pertemuan di Moskow dengan Muttaqi dan perwakilan negara-negara tetangga.

Meskipun ia tidak menyebut nama Taliban, ia memuji kepemimpinan Afghanistan saat ini atas upayanya untuk mengekang produksi narkoba dan memerangi ISIS, yang dilarang di Rusia.

Baca Juga: Israel Serang Kamp Pengungsi Tulkarm, 18 Warga Palestina Syahid

Muttaqi mengatakan, negara-negara di kawasan tersebut harus bekerja sama melawan ISIS, yang katanya telah mendirikan pusat pelatihan di luar Afghanistan.

Lavrov mengatakan Amerika Serikat harus mengembalikan aset yang disita ke Afghanistan, dan Barat harus mengakui tanggung jawab atas rekonstruksi pascakonflik negara tersebut.

Lavrov juga menyerukan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan dan mengatakan Rusia akan terus mengirimkan makanan dan barang-barang penting.

Rusia memiliki sejarah yang bermasalah di Afghanistan, di mana tentara Soviet menyerbu pada tahun 1979 untuk mendukung pemerintah pro-Moskow tetapi menarik diri 10 tahun kemudian setelah menderita banyak korban di tangan pejuang mujahidin.

Baca Juga: Gedung Putih Benarkan Tewasnya Warga Amerika di Lebanon oleh Invasi Darat Israel

Rusia dan negara-negara tetangga pasca-Sovietnya menderita serangan berulang dari kelompok militan Islam yang terkait dengan Afghanistan, yang terakhir pada bulan Maret, ketika 145 orang tewas dalam serangan yang diklaim oleh ISIS di sebuah gedung konser dekat Moskow. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Survei: 35 Persen Pemukim Ingin Tinggalkan Wilayah Pendudukan Israel

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Internasional
Internasional
Internasional