Rusia, India, China Serukan Bantuan Kemanusiaan untuk Afghanistan

New Delhi, MINA – Rusia, India dan China menyerukan dunia internasional segera memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan.

Ketiga negara mencatat kekhawatiran mengenai perubahan dramatis di Afghanistan dan menegaskan wilayah itu tidak boleh digunakan untuk saling mengancam atau menyerang. Times of India melaporkan, Jumat (26/11).

Para menteri luar negeri Sergey Lavrov (Rusia), S Jaishankar India) dan Wang Yi (China) berdislaog secara virtual membahas berbagai masalah termasuk Afghanistan, Covid-19, dan perubahan iklim.

Setelah pembicaraan, para menteri mengeluarkan 35 poin komunike bersama.

Dalam pernyataan itu, para menteri mengatakan mereka bertukar pandangan tentang penguatan lebih lanjut kerja sama trilateral Rusia-India-China (RIC) dan juga membahas berbagai isu penting regional dan internasional.

Dalam komunike para menteri juga menganjurkan Afghanistan yang inklusif, damai, aman, bersatu, berdaulat, stabil, sejahtera dan harmoni dengan tetangganya.

Mengekspresikan keprihatinan atas situasi kemanusiaan yang memburuk di Afghanistan, para menteri menyerukan bantuan kemanusiaan segera dan tanpa hambatan untuk diberikan ke Afghanistan. Para Menteri juga menekankan peran sentral PBB di Afghanistan.

Selain Afghanistan, para menteri juga membahas situasi di Myanmar, Gaza, Semenanjung Korea, Suriah, dan Yaman. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.