Rusia Klaim Bunuh Abu Bakr Al-Baghdadi

Poster bergambar dibakar pendemo. (Foto: AFP)

Moskow, 21 Ramadhan 1438/16 Juni 2015 (MINA) – Pemerintah mengatakan bahwa jet tempurnya yang beroperasi di Suriah telah membunuh pemimpin organisasi bersenjata paling terkenal di dunia, Islamic State (ISIS) dalam sebuah serangan udara pada bulan Mei.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pada hari Jumat (16/6) dini hari bahwa pemimpin tertinggi ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi, mungkin telah dibunuh bersama beberapa kaki tangannya dalam serangan udara Rusia akhir bulan lalu.

Namun, Kementerian mengatakan bahwa verifikasi sedang berlangsung. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kementerian tersebut mengatakan, pesawat tempur Su-34 dan Su-35 menyerang sebuah pertemuan dewan militer ISIS di selatan kota Raqqa, ibu kota de facto ISIS di Suriah utara pada 28 Mei.

Kementerian juga menyebutkan bahwa serangan tersebut sudah diberitahukan kepada pihak Amerika Serikat (AS) yang pasukan udaranya mendukung operasi oposisi Suriah di Raqqa pada waktu yang sama.

Ini bukan kali pertama Baghdadi dikabarkan tewas.

Kantor berita RIA Rusia melaporkan bahwa Kementerian sedang memeriksa melalui berbagai saluran untuk memastikan kebenaran tewasnya Baghdadi.

Sementara itu, koalisi pimpinan AS yang memerangi ISIS di Suriah dan Irak mengatakan bahwa pihaknya belum dapat mengkonfirmasi kematian Baghdadi.

Sejauh ini, tidak ada komentar yang muncul dari kantor berita Amaq yang dimiliki oleh ISIS. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj Islamcic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.