Rusia Operasikan Avangard, Senjata Antarbenua Baru

Rudal antarbenua Rusian dalam ujicoba. (Foto: RU-RTR Television via AP)

Moskow, MINA – baru yang dapat terbang 27 kali kecepatan suara mulai beroperasi Jumat (27/12), Menteri Pertahanan melapor kepada Presiden Vladimir Putin, memperkuat kemampuan serangan nuklir negara itu.

Putin menggambarkan kendaraan hypersonic glide Avangard sebagai terobosan teknologi yang sebanding dengan peluncuran satelit pertama Soviet tahun 1957, demikian Times of Israel melaporkan.

Senjata Rusia yang baru ini dan sistem serupa yang dikembangkan oleh Cina telah mengganggu Amerika Serikat yang telah mempertimbangkan strategi pertahanan.

Avangard diluncurkan di atas sebuah rudal balistik antarbenua, tetapi tidak seperti hulu ledak rudal biasa yang mengikuti jalur yang dapat diprediksi setelah pemisahan, itu dapat membuat manuver tajam di atmosfer dalam perjalanan menuju target, membuatnya jauh lebih sulit untuk dicegat.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memberi tahu Putin bahwa unit rudal pertama yang dilengkapi dengan kendaraan hypersonic glide Avangard memasuki tugas tempur.

Saat konferensi pers, Kepala Pasukan Rudal Strategis Jenderal Sergei Karakayev mengatakan, Avangard ditugaskan dengan sebuah unit di wilayah Orenburg di Pegunungan Ural selatan.

Putin meluncurkan Avangard di antara calon sistem persenjataan lainnya dalam pidato kenegaraannya pada bulan Maret 2018. Ia mencatat bahwa kemampuan Avangard untuk melakukan manuver tajam dalam perjalanan menuju sasaran akan membuat pertahanan rudal menjadi tidak berguna. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.