Rusia-Pakistan akan Gelar Latihan Militer Bersama Pertama dalam Sejarah

Moskow, 19 Dzulhijjah 1437/22 September 2016 (MINA) – Pasukan darat Rusia akan menggelar tujuh latihan internasional pada tahun 2016, termasuk latihan militer bersama dengan Pakistan untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Rusia Kolonel Jenderal Oleg Salyukov seperti dilaporkan kantor berita pemerintah, TASS, Rabu (21/9) waktu setempat, yang dikutip MINA.

“Sebagai bagian dari interaksi dengan rekan-rekan luar negeri kita pada 2016, kami telah menjadwalkan tujuh latihan bersama dengan melibatkan unit terkait dari negara asing,” ungkap Salyukov.

“Pasukan darat akan mengadakan latihan militer Rusia-Vietnam dan latihan khusus bersama Rusia-Pakistan di daerah pegunungan,” tambah mantan Wakil Kepala Staf Jenderal Angkatan Bersenjata Federasi Rusia itu.

Selain itu, kata Salyukov, Federasi Rusia akan menggelar latihan militer gabungan anti-teror dan staf dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai.

Ia melanjutkan, Misi Perdamaian-2016 Rusia juga mencakup latihan bersama pasukan perdamaian dari Organisasi Pakta Keamanan Kolektif dengan nama sandi Indestructible Brotherhood.

“Juga latihan komando bersama dan staf Frontier-2016, latihan militer Rusia-India Indra-2016, dan latihan militer bersama Rusia-Mongolia Selenga-2016,” pungkas Salyukov.

Sebelumnya, pada Agustus lalu Rusia mengadakan latihan militer terbesar dalam sejarah yang dilaksanakan di sebelah selatan, barat, dan distrik pusat ‘Negeri Beruang Merah’.

Latihan perang itu dijadwalkan di tengah ketegangan yang melibatkan pemerintah Moskow dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), khususnya setelah Kremlin menganeksasi Crimea dari Ukraina. (T/P022/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)