Rusia Serukan Semua Pihak di Kawasan Teluk Tetap Tenang

Juru Bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov (foto/MEMO)

Moskow, MINA – Dmitry Peskov, Juru Bicara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Kamis (11/7),  Kremlin mendesak semua pihak di kawasan Teluk untuk tetap tenang dan menyelesaikan situasi melalui dialog.

Peskov juga mengatakan, prioritasnya adalah untuk memastikan kebebasan navigasi di Teluk, yang merupakan langkah penting dalam mendukung ekonomi global, MEMO melaporkan.

“Kami dengan hati-hati memonitor aliran informasi tentang apa yang terjadi di wilayah Teluk. Kami telah mencatat data yang menunjukkan bahwa insiden ini terjadi, karena kami juga mempertimbangkan pernyataan yang dibuat oleh perwakilan Iran yang mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar,” kata Peskov kepada wartawan mengomentari meningkatnya situasi di Teluk.

“Bagaimanapun, kami khawatir bahwa navigasi gratis di wilayah Teluk dan Selat Hormuz harus dijamin tanpa syarat, yang sangat penting bagi situasi ekonomi global secara umum,” katanya.

Ia mengimbau pihak-pihak yang terlibat untuk menjaga ketenangan mereka agar situasinya tidak memburuk dan untuk menyelesaikan semua perbedaan melalui dialog.

Sebelumnya, pemerintah Inggris telah mengindikasikan bahwa tiga kapal Iran mendekat dan mencoba mengambil alih kapal tanker Inggris yang kemudian gagal. Namun tudingan itu dibantah oleh Iran.

Departemen Hubungan Masyarakat Zona Angkatan Laut Kelima IRGC menyangkal “tuduhan yang dibuat oleh sumber-sumber dari Departemen Pertahanan AS tentang upaya IRGC untuk merebut sebuah kapal tanker Inggris di wilayah Teluk,” menurut Fars News Agency. (T/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)