Rusia Tawarkan Bantu Bangun Kapal Selam kepada Filipina

Makati, MINA – Pemerintah Rusia menawarkan bantuan membangun kapal selam untuk Filipina.

Tawaran itu disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Filipina Igor Khovaev selama konferensi pers di kota Makati.

“Sebagai negara kepulauan, Filipina memiliki hak untuk mengembangkan kapasitas angkatan lautnya,” kata Khovaev kepada Kantor Berita Filipina (PNA) yang dikutip MINA, Rabu (23/10).

“Dan mereka membutuhkan armada kapal selam untuk melindungi perairannya,” tambah Igor, sambil mengklaim bahwa kapal selam Rusia adalah yang “terbaik di dunia”.

Manila dan Beijing sempat berkonflik di perairannya, bahkan negara itu memenangkan kasus di mahkamah arbitrase internasional atas pelanggaran wilayah lautnya di Laut China Selatan.

Namun, selama kunjungan terakhirnya ke China, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan, negaranya siap untuk berkolaborasi bersama dan mengabaikan putusan pengadilan internasional.

“Kami bersedia membantu Anda (Filipina) seperti (apa yang kami lakukan di) Vietnam,” ujar Khovaev merujuk pada pasokan enam kapal selam Moskow ke Vietnam.

PNA juga melaporkan bahwa Rusia bersedia menyediakan versi paling mutakhir dari kapal selam kelas Kilo-nya untuk Filipina melalui “pinjaman lunak”. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)