Rusia Usir 60 Diplomat AS, Tutup Konsulat AS di St Petersburg

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow, Rusia. (Foto: ROSS Technology)

Moskow, MINA – Rusia mengusir 60 diplomat Amerika Serikat (AS) dari negara itu dan menutup konsulat AS di St Petersburg dengan mencabut izinnya, sebagai balasan atas pengusiran Washington terhadap 60 diplomat Rusia awal pekan ini.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis (29/3), Moskow memberikan pemberitahuan resmi kepada 60 diplomat AS untuk meninggalkan negara itu selambat-lambatnya pada 5 April.

Pernyataan itu menyebutkan, 58 dari mereka yang diusir bertugas di Kedutaan AS di Moskow dan dua lainnya bertugas di Kkonsulat AS di Yekaterinburg.

Rusia juga mencabut izin Kkonsulat AS di St Petersburg yang berarti harus ditutup, demikian Al Jazeera melaporkan.

Pernyataan itu mengatakan, tindakan itu dilakukan sesuai dengan “prinsip timbal balik” dalam hukum internasional.

Washington cepat menanggapi. Pada konferensi pers, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, tindakan Rusia menunjukkan “tidak tertarik dalam dialog”.

“Tidak ada pembenaran untuk tanggapan Rusia. Tindakan kami dimotivasi murni oleh serangan terhadap Inggris – serangan terhadap warga negara Inggris dan putrinya,” kata Nauert.

Dia menambahkan bahwa AS memiliki hak untuk menanggapi lebih lanjut tindakan Rusia terhadap negara tersebut. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)