Rusia vs Kroasia, Adu Gengsi Dua Tim Kejutan

Moskow, MINA – Pertandingan antara Rusia melawan Kroasia akan menjadi partai terakhir di fase perempat final Piala Dunia. Kedua tim akan bersua pada Ahad (8/7) dini hari.

Rusia yang bertindak sebagai tuan rumah tak ingin kehilangan momentum untuk terus melanjutkan kisah indah mereka di Piala Dunia 2018.

Sejak awal turnamen, Rusia sama sekali tak dijagokan. Tetapi mereka mampu menepis keraguan dunia dengan mengalahkan Arab Saudi 5-0 dan Mesir 3-1 sebelum akhirnya tunduk 3-0 dari juara Grup A Uruguay.

Sebelum mencapai fase perempat final, tim asuhan Stanislav Cherchesov ini bermain sangat mengesankan. Apalagi tuan rumah baru saja memulangkan salah satu kandidat juara, Spanyol lebih cepat dari yang semua orang duga.

Rusia dikenal mengusung gaya permainan terbuka. Saat bentrok dengan Spanyol, Rusia mengubah taktik. Mereka memasang lima bek di belakang dan empat gelandang dengan striker tunggal Artem Dzyuba. Sebuah taktik yang membuat lawan mereka hanya punya satu peluang dalam waktu normal.

Di sisi lain, Kroasia tak ingin mengibarkan bendera putih lebih awal kepada sang tuan rumah. Satu-satunya jalan untuk mendapatkan tiket ke babak semifinal Piala Dunia adalah dengan memukul Rusia di kandanganya sendiri.

Meski sejak awal kompetisi banyak yang mempertanyakan kualitas para puggawa Kroasia untuk menjadi pesaing di Piala Dunia, tapi pengaruh dan pengalaman duet lini tengah Luka Modric dan Ivan Rakitic cukup memberikan pengaruh besar.

Di babak penyisihan grup, Kroasia menunjukkan potensi mereka. Bahkan, armada Zlatko Dalić ini mampu menjinakkan tim bertabur bintang, Argentina. Menjadikan mereka tak terbendung dalam tiga pertandingan awal dan dengan nyaman menguasai Grup D.

Pada putaran 16 besar, Kroasia sempat kesulitan menaklukkan solidnya pertahanan Denmark. Selama 90 menit penuh, kedua tim bermain sama kuat 1-1.

Di perpanjangan waktu pun situasi tak banyak berubah. Akhirnya tim berjuluk The Blazer itu menyudahi perlawan Denmark melalui adu pinalti.

Banyak yang mengharapkan Mordic dan Rakitic bisa membawa timnya untuk sekali lagi membuat kejutan. Kedua pemain harus menjadi jenderal lapangan tengah yang sangat sulit untuk dihentikan. Keduanya juga harus menjadi pemain penuh kreatifitas dalam mendobrak pertahanan lawan jika ingin melangkah lebih jauh.

Ditilik dari track record itu, pertemuan dua tim kejutan ini akan sangat menarik ditunggu karena momentum pasti akan memainkan peranan besar. Bagi Rusia, mereka telah mebentangkan peluang dan tak ada toleransi sedikit pun untuk membuat kesalahan. (R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)