RZ Distribusikan Bantuan Pangan dan Air Bersih Untuk Somalia

bagikan bantuan untuk .

Mogadishu, Somalia, 8 Rajab 1438/5 April 2017 (MINA) – Rumah Zakat (RZ) pada hari Selasa (4/4) mendistribusikan bantuan pangan dan air bersih untuk pengungsi di distrik Kahda, Kota Mogadishu, Somalia.

Atas bantuan perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik untuk Somalia, RZ dapat memasuki wilayah Somalia dengan mudah, sehingga bisa menyalurkan bantuan pangan untuk 1.000 pengungsi, berupa 25 Kg beras, 25 Kg tepung, 25 Kg gula pasir dan 3 liter minyak goreng, yang diberikan kepada setiap keluarga.

“Alhamdulillah, berkat bantuan dari Kedubes Indonesia untuk Somalia, kami dapat memasuki wilayah Somalia dengan aman dan bisa mendistribusikan bantuan dari rakyat Indonesia kepada para pengungsi,” ungkap Hermansyah, Ketua Program Divisi Manajemen RZ yang bertugas dalam Tim Kemanusiaan untuk Somalia.

Sebelumnya, tim Kemanusian RZ berangkat ke Somalia pada Sabtu (1/4) untuk mendisribusikan bantuan dari Indonesia.

Somalia tengah dilanda bencana kekeringan dan yang dahsyat. Bahkan, pemerintah Somalia mengumumkan bahwa 100 orang meninggal di satu kawasan dalam waktu 48 jam akibat kelaparan. Untuk itu, tim kemanusiaan RZ akan berada di Somalia selama 10 hari untuk menyalurkan bantuan berupa bahan pangan dan air bersih di beberapa kamp pengungsian.

“Aksi rencananya akan dipusatkan di Ibu Kota Somalia yaitu, Mogadishu. Karena sejak diterpa bencana kekeringan, warga dari beberapa wilayah mengungsi ke ibukota untuk meminta bantuan pangan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengungsi, Ummu Khaiir, bercerita bahwa dia bersama tiga anaknya melakukan perjalanan sejauh 200 KM dari desanya di Kuntuwaarey  untuk mendapat bantuan pangan di Ibu Kota Mogadishu.

Namun setelah mendapatkan bantuan dari Indonesia, Ummu Khaiir merasa bahagia dan sangat bersyukur.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah peduli pada nasib kami di sini,” ungkapnya.

Dalam hal ini, tim Kemanusiaan RZ rencananya pada Kamis (6/4) akan kembali menyalurkan bantuan dari Indonesia di lokasi pengungsi yang lainnya.

“Kami akan kembali mendistribusikan paket bantuan pangan dan air bersih untuk para pengungsi di kamp pengungsi lainnya di Mogadishu,” ungkap Hermansyah.(L/R10/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)