Saimah Mohsin akan Jadi Hakim Agung Muslim Pertama AS

Michigan, AS, MINA – Saima Mohsin akan menjadi Hakim Agung Muslim pertama di Michigan dan AS, membawa keberagaman ke posisi penting di bagian timur negara bagian itu.

Mohsin akan dilantik pada 2 Februari sebagai penjabat Hakim Agung AS untuk Distrik Timur Michigan setelah Hakim Agung AS saat ini untuk distrik tersebut, Matthew Schneider, mundur pada 1 Februari, Detroit Free Press melaporkan.

“Saya sangat senang meninggalkan kantor ini di tangan salah satu jaksa federal terbaik yang pernah saya kenal, Saima Mohsin,” kata Schneider.

“Saima adalah pengacara pengadilan yang dinamis dan manajer berbakat. Dan, sebagai wanita pertama, imigran, Pengacara Muslim Amerika Serikat dalam sejarah Amerika, layanannya benar-benar bersejarah. Saima akan menjadi perwakilan dan pembela komunitas kami yang luar biasa sebagai Penjabat Pengacara Amerika Serikat. ”

“Lahir di Pakistan, Mohsin pernah bertugas di Unit Kejahatan dan Kejahatan Terorganisir di Kantor Kejaksaan AS, Satuan Tugas Narkoba dan Unit Kejahatan Umum,” kata Departemen Kehakiman dalam keterangan tertulisnya.

Hakim Agung Amerika Serikat, juga dikenal sebagai kepala jaksa federal, mewakili pemerintah federal Amerika Serikat di pengadilan distrik Amerika Serikat dan pengadilan banding Amerika Serikat.

Posisi penjabat Hakim Agung AS tidak permanen dan hakim nantinya dapat memilih Hakim Agung sementara AS.

Presiden AS Joe Biden kemudian dapat mencalonkan seseorang untuk mengisi posisi tersebut, yang harus dikonfirmasi oleh Senat AS. Presiden Donald Trump saat itu menominasikan Schneider pada 2018 dan Senat AS mengonfirmasinya pada 2019.(T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)