Saleh Hamad Al-Suhaibani Ditunjuk Sebagai Wakil Tetap Saudi di OKI

Saleh Hamad Al-Suhaibani.(Foto: Arab News)

Jeddah, MINA – Saleh Hamad Al-Suhaibani telah ditunjuk sebagai Wakil Tetap Kerajaan Arab Saudi di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) baru-baru ini.

Al-Suhaibani menerima gelar sarjana dalam bahasa Arab dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (IMSIU) pada 1987, demikian dilansir Arab News, Ahad (25/10).

Empat tahun kemudian, ia meraih gelar master dalam linguistik terapan dari universitas yang sama dengan fokus pada pengajaran bahasa Arab kepada pelajar non-native speaker.

Pada 1998, Al-Suhaibani memperoleh gelar Ph.D. dalam linguistik terapan dari University of Leeds, Inggris.

Dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Organisasi Bulan Sabit Merah dan Palang Merah Arab (ARCO) selama tiga tahun. Dia juga bekerja sebagai atase budaya Saudi untuk UEA. Selain itu, dia adalah penasihat komite gabungan Saudi untuk bantuan Kosovo dan Chechnya.

Hamad juga pernah menduduki sejumlah posisi, termasuk memimpin Departemen Bahasa Arab di IMSIU dan departemen persiapan bahasa di Institut Bahasa Arab di IMSIU.

Al-Suhaibani adalah wakil manajer departemen kualifikasi guru bahasa Arab di universitas yang sama. Dia pernah menjadi asisten direktur beasiswa untuk urusan promosi di tempat yang dulu disebut Kementerian Pendidikan Tinggi.

Al-Suhaibani telah menerbitkan puluhan makalah penelitian, termasuk kajian analisis wacana politiknya. Dia juga menulis dan menerjemahkan beberapa buku.

Dia telah menerima beberapa penghargaan, surat penghargaan dan sertifikat keunggulan. Pada Mei 2019, ARCO menganugerahi Al-Suhaibani dengan Medali Abu Bakr Al-Siddiq, medali Arab tertinggi untuk pekerjaan kemanusiaan.(T/R1/RS1))

 

Mi’raj News Agency (MINA)