Saling Memaafkan akan Menambah Kebaikan

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA

Tak bersalaman bukan berarti bermusuhan. Tak berpelukan bukan itu berseberangan. Tak bertemu bukan bermakna sudah jemu.

Berjarak fisik bukan di hati. Bermasker bukan tak senyum. Lockdown bukan lalu down. Cuci tangan bukan lari dari masalah.

Ramadhan segerai usai, maka bergantilah dengan . Saat kaum Muslimin saling mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1422 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. โ€œTaqabblallah minna waminkum.โ€

Lebaran Idul Fitri tahun ini masih dalam masa pandemi. Ada larangan berkerumun dalam jumlah besar. Tradisi mudik tahunan pun menghadapi pencegatan. Walau puluhan ribu berhasil menerobosnya.

Tentu, jauh lebih penting dari itu semua adalah bahwa hati kita , saling meridhai dan saling mengikhlaskan. Sebab manusia hidup pasti tak luput dari lupa dan salah. Baik disengaja maupun tak disengaja, besar, sedang ย maupun kecil, terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi dan direncanakan.

Baca Juga:  Hebatnya Jadi Wartawan Muslim, Pelanjut Risalah Nabi SAW

Maka, pada suasana Idul Fitri merupakan momentum terbaik untuk kaum Muslimin merajut kembali dan menata ulang hati yang bersih dari syirik kepada Allah. Juga hati yang bersih dari segala penyakit hati seperti buruk sangka, dengki, iri, dendam, hasad, senang melihat orang susah, susah melihat orang senang,

Kemudin mengganti semua itu dengan memaafkan orang lain atau kita sendiri yang lebih dahulu meminta maaf kepada sesama.

Dengan memaafkan kesalahan orang lain terhadap kita, itu bermakna kita sedang belajar menerima bahwa orang lain bisa saja salah dan gagal dipercaya. Sama seperti diri kita juga, punya hal yang sama sebagai manusia biasa.

Lebih dari itu, memaafkan belum tentu membuat orang lain semakin baik. Namun paling tidak itu jelas membuka jalan kebaikan.

Baca Juga:  Protes Mahasiswa Pro-Palestina Menyebar di Eropa

Dalam hal saling memaafkan ini, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam ย menyatakan:

ุซูŽู„ูŽุงุซูŒ ุฃูู‚ู’ุณูู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ู†ูŽู‚ูŽุตูŽุชู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽู…ูŽุง ุฒูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽุจู’ุฏุงู‹ ุจูุนูŽูู’ูˆู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุนูุฒู‘ู‹ุง ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽูˆูŽุงุถูŽุนูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู„ูู„ู‘ู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฑูŽููŽุนูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

Artinya: โ€œAda tiga golongan yang berani bersumpah untuknya, tidaklah berkurang harta karena sedekah, dan tidaklah menambah bagi seorang pemaaf melainkan kemuliaan, dan tidaklah seseorang berrendah hati melainkan akan diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu Wataโ€™ala.โ€ (HR At-Tirmidzi).

Pada hadits lain disebutan akan janji surga Allah:

ู…ูŽู†ู’ ุณูŽุฑู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุดู’ุฑูŽููŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุจูู†ู’ูŠูŽุงู†ู ุŒ ูˆูŽุชูุฑู’ููŽุนูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฏู‘ูŽุฑูŽุฌูŽุงุชู ููŽู„ู’ูŠูŽุนู’ูู ุนูŽู…ู‘ูŽู†ู’ ุธูŽู„ูŽู…ูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽู„ู’ูŠูุนู’ุทู ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุฑูŽู…ูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽู„ู’ูŠูŽุตูู„ู’ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุทูŽุนูŽู‡ู โ€

Artinya: โ€œBarangsiapa yang ingin dibangunkan baginya bangunan di surga, hendaknya ia memafkan orang yang menzaliminya, memberi orang yang bakhil kepadanya dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskannya.โ€ (HR Ath-Thabrani).

Sungguh itu memang bukan perkara yang mudah. Tapi juga bukan hal yang mustahil. Kalau kita mau mencobanya.

Baca Juga:  Ramah Lansia, Asrama Haji Aceh Siap Sambut Jamaah 2024

Nuansa Idul Fitri tahun ini semoga dapat melapangkan hati kita untuk menjadi orang-orang yang siap meminta maaf dan bersedia memberikan maaf orang lain. Aamiin. (A/RS2/ P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.