Sambut Gencatan Senjata, Uni Eropa Janji Tingkatkan Upaya Perdamaian

Brussels, MINA – Uni Eropa menyambut baik gencatan senjata antara Israel dan gerakan perlawanan Palestina di Gaza. Mereka berjanji akan meningkatkan upaya perdamaian jangka panjang dalam menyelesaikan krisis kedua pihak.

“Uni Eropa menyambut baik pengumuman gencatan senjata yang mengakhiri kekerasan di Gaza. Kami memuji Mesir, Qatar, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat dan lainnya yang telah memainkan peran ini,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam pernyataan, Jumat (21/5).

Borrell mengaku sangat terkejut dan menyesali atas hilangnya ratusan nyawa selama 11 hari terakhir ini. “Seperti yang selalu kami tegaskan secara konsisten, kami mendukung situasi perdamaian berkelanjutan di Jalur Gaza,” tuturnya.

“Hanya solusi politik yang akan membawa perdamaian berkelanjutan dan berakhir sekali untuk semua konflik Palestina-Israel,” sambungnya.

Menurut Borrell, memulihkan suasana politik menuju solusi dua negara tetap menjadi yang paling penting. Uni Eropa, kata dia, siap untuk mendukung penuh otoritas Israel dan Palestina dalam upaya mencapai kesepakatan.

“UE telah memperbarui keterlibatannya dengan mitra internasional utama, termasuk Amerika Serikat, dan mitra lainnya di kawasan, serta dengan Kuartet Timur Tengah yang telah direvitalisasi, untuk tujuan perdamaian ini,” ujarnya.

Gencatan senjata mulai berlaku Jumat (21/5) pagi waktu setempat setelah 11 hari serangan mematikan yang menghantam Jalur Gaza, Palestina. Serangan tersebut memaksa Hamas mempertahankan diri dengan melancarakan serangan roket ke sejumlah wilayah Israel. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)