Sambut Kedatangan Menteri Haji Saudi, Kemenag Siapkan MoU Haji

pimpin rapat bahas draft tentang dengan Kementerian Haji dan Umrah Saudi. (foto: sugito/)

Jakarta, 17 Jumadil Awwal 1438/15 Februari 2017 (MINA) – Kementerian Agama saat ini tengah mempersiapkan draft Nota Kesepahaman (MoU) terkait penyelenggaraan haji. MoU ini rencananya akan dibahas bersama dengan Menteri Haji dan Umrah yang dijadwalkan akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat ini mendampingi kunjungan Khadimul Haramain, Raja Salman.

Pembahasan draft MoU ini dilakukan jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah beserta Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, serta dipimpin langsung oleh Menag Saifuddin, demikian keterangan pers yang diterima MINA, Rabu.

Sebagai draft awal, ada kurang lebih 14 item poin pokok yang dibahas dan didiskusikan secara mendalam. Ke-14 artikel tersebut berisi hal-hal berkenaan dengan penyelenggaraan Haji dan Umrah di Tanah suci, seperti kemungkinan pemasaran produk-produk bahan baku makanan untuk kebutuhan konsumsi, penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariah dengan harga terjangkau, perumahan bagi jamaah, serta peningkatan kinerja petugas haji dan lain sebagainya.

Menag berharap, draft MoU ini dapat diselesaikan secepatnya, untuk kemudian dikomunikasikan dengan beberapa kementerian terkait, seperti Kemlu dan lain sebagainya. Draft MoU yang sudah final ini nantinya akan dibahas bersama dengan draft yang juga disiapkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

“Nanti kita kirim sesuai prosedur yang ada, biar mereka pelajari dulu. Jika dirasa kurang, biar mereka tambahi, atau jika kelebihan, biar mereka kurangi. Kita juga sedang menunggu draft MoU dari sana, untuk kita pelajari dan padukan,” terang Menag di Kantor Kemenag Jl MH Thamrin, Jakarta, kemarin.

Menag Lukman berharap, draft yang ada mudah dipahami dan tidak multi tafsir, biar mudah dan jelas implementasinya.

“Semoga draft ini bisa mengikat dua kementerian untuk saling bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi jamaah haji, khususnya jamaah haji kita,” kata Lukman. (T/R01/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)