Sandi: Jakarta Siap 100 Persen untuk Asian Games

Jakarta, MINA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bahwa wilayahnya yang akan menjadi tempat berlangsungnya Asian Games 2018 bersama Palembang, sudah sangat siap 100 persen.

Hal itu dikatakan Sandi saat Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Memaksimalkan Manfaat Asian Games 2018 untuk Indonesia” di Gedung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Menteng, Jakarta, Ahad (29/7).

Pesta olahraga terbesar se-Asia itu akan berlangsung di Jakarta dan Palembang kurang tiga pekan lagi. Upacara pembukaan Asian Games ke-18 ini akan berlangsung pada 18 Agustus 2018, tetapi sejumlah cabang olahraga telah bermain lebih dulu sebelum pembukaan.

“Kami siap 100 persen. Saya lihat semuanya sudah baik. LRT juga sudah siap, saat ini sedang uji dinamik dan bisa beroperasi, sudah bisa di awal Agustus. Semoga, saat Asian Games 2018 berlangsung semuanya sudah berjalan lancar,” kata Sandi.

Untuk lalu lintas, kata Sandi, simulasi terakhir sudah tercatat di bawah 30 menit. Artinya waktu yang ditempuh sesuai dengan waktu yang dipatok Inasgoc. Untuk sekolah yang terdampak Asian Games 2018 juga akan diliburkan dengan diberikan tugas dari sekolah.

”Simulasi terakhir sudah tercatat di bawah 30 menit. Nanti juga sekolah yang dekat dengan venue-venue Asian Games akan diliburkan. Tercatat sudah ada 34 sekolah. Jumlah ini masih bisa bertambah,” katanya.

Selanjutnya, orang nomor dua di DKI Jakarta itu menjelaskan, dampak suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah optimisme pasar akan terbangun. Ini salah satu potensi besar yang akan dirasakan.

“Yang menarik, penciptaan lapangan kerja yang tidak langsung berhubungan dengan Asian Games 2018. Kita berharap ada 3.000-4.000 wirausaha baru mulai dari kuliner hingga retail. Transaksinya akan berdampak positif kepada pendapatan masyarakat,” ulas Sandi.

Tak hanya itu, Sandi juga memaparkan bahwa semangat untuk menyemarakkan Asian Games 2018 telah muncul di tengah-tengah masyarakat dengan biaya sendiri dengan membuat hiasan dan branding terkait Asian Games 2018.

“Antusiasme masyarakat sudah masuk kategori ‘demam’ sesuai yang diinginkan Presiden Jokowi, sehingga kita salut dengan semangat yang terbangun seperti itu. Mudah-mudahan ke depan, semangat masyarakat ini terus terjaga,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)