Sandiaga Dukung Permodalan Syariah Bagi UMKM Terdampak Covid-19

Foto: minews.id

Jakarta,MINA – Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) bekerjasama dengan Wiranesia Foundation mendukung penuh program “Permodalan Syariah bagi UMKM” dalam rangka membantu masyarakat Indonesia, khususnya bagi UMKM terdampak Ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Pembina AFSI Sandiaga Uno selaku penggagas program tersebut menilai, UMKM mempunyai peran sangat strategis dalam membuka lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian. “Sehingga ini harus menjadi fokus bersama agar UMKM bisa bertahan,” kata Sandi sebagaimana keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (21/9).

Disamping itu, Sandi juga mengingatkan agar setiap individu yang ingin mulai menjadi pelaku usaha untuk melihat peluang apa yang menjadi kebutuhan pasar. “Pelaku usaha juga harus mengenali konsumen serta budaya yang berlaku di lokasi usaha mereka,” ujarnya.

Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) merupakan kolaborasi startup, institusi, akademisi, komunitas, dan pakar praktisi dalam mendorong edukasi, literasi dan teknologi keuangan syariah.

Sedangkan, Wiranesia Foundation merupakan, organisasi sosial yang fokus membantu UMKM di Indonesia, bertanggung jawab menyelenggarakan pelatihan dan permodalan untuk UMKM.

Kerjasama Permodalan Syariah oleh AFSI untuk UMKM binaan Wiranesia, bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan program dan penyaluran permodalan syariah bagi UMKM dalam rangka membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan omset usahanya.

Pelaksanaan Kerjasama tersebut dimulai dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama antara AFSI dan Wiranesia Foundation pada Ahad (20/9) di Pondok Wiranesia, Jakarta dengan secara simbolis diwakilkan Dwi Firmansyah selaku pemilik dari DFP Cake and Bakery.

Kegiatan ini juga menghadirkan talkshow dengan narasumber yaitu Wakil Ketua Umum AFSI  Emil Dharma dan Faransyah Jaya (Coach Faran) selaku Founder dari Wiranesia serta dimoderasi oleh Fauzi Sjam selaku CEO dari Artaka.

Tujuan dari talkshow ini adalah agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM dapat memperoleh informasi terkait Ekonomi Syariah khususnya Permodalan dan Pembiayaan Syariah dijalankan oleh Fintech Syariah.

Emil juga berharap kerjasama permodalan syariah dengan menggandeng lembaga inkubator seperti Wiranesia Foundation dapat terus berjalan karena manfaatnya akan sangat dirasakan bagi masyarakat khususnya para UMKM yang saat ini terdampak langsung akibat wabah Covid19.

“Dengan adanya bantuan permodalan syariah ini, tujuannya adalah agar para pelaku UMKM dapat bangkit dan memulai kembali usahanya, dengan begitu dapat membantu pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik,” ujar Emil.

Sejalan itu, Faransyah sebagai founder Wiranesia Foundation juga berharap hal serupa dimana sejak didirikan pada Desember 2017, terus berkomitmen untuk membantu UMKM di seluruh Indonesia.(R/Hju/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)