Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Santri Al-Fatah Cileungsi Dibekali Keahlian Robotik

kurnia Editor : Arif Ramdan - Ahad, 21 Juli 2024 - 16:16 WIB

Ahad, 21 Juli 2024 - 16:16 WIB

117 Views ㅤ

Santri Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor dengan karya robotika yang mereka rancang. (FOTO: MINA)

Bogor, MINA – Santri Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor selain mempelajari ilmu agama, mereka juga mendapat keahlian merancang pemograman robotik mulai dari blocking dan mekanik dengan perangkat yang mudah dipahami dan diaplikasikan santri dalam kehidupan sehari-hari.

Penanggungjawab Program Unggulan Robotika untuk jenjang santri Madrasah Tsanawiyah (MTs) , Nur Taufik, Ahad (21/7) kepada MINA mengatakan, ilmu robotika adalah ilmu interdisipliner. Robotika merupakan interdisipliner dari cabang ilmu fisika matematika teknik mesin, teknik elektro ataupun teknik komputer.

”Robotika secara khusus mempelajari bagaimana susunan suatu desain mekanik yang dapat mempermudah pekerjaan manusia ataupun menggantikan pekerjaan manusia yang berisik, ujarnya.

Desain mekanik tersebut dikenal sebagai robot. Robot juga perlu diprogram dengan bahasa pemrograman khusus agar bisa dikontrol dengan baik, seperti digerakkan maupun diberikan perintah untuk mengerjakan sesuatu.

Baca Juga: Santri Ponpes Al-Fatah Lampung Ukir Prestasi Juara Lomba Dai

Program-program tersebut, kata Nur Taufik, menjadi faktor penentu bagi para orang tua dan santri dalam memilih Pesantren Al-fatah sebagai tempat pendidikan dan nyantri.

”Mereka (orangtua santri) melihat bahwa pondok pesantren selain mampu memberikan pendidikan agama juga bisa memperkaya pengetahuan tentang teknologi, yang dianggap sebagai nilai tambah dalam menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan zaman,” ujarnya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pondok pesantren, termasuk meningkatkan kualitas program unggulan dan kompetensi para pendidiknya, Nur Taufik berharap Mts Al Fatah terus mengalami peningkatan penerimaan santri baru setiap tahunnya.

“Kita berharap peningkatan ini dapat berkonstribusi positif dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan globalisasi dengan kokoh,” harapnya. []

Baca Juga: Dukung Pembangunan Inklusif, Pemuda RI Jalin Hubungan dengan Afrika

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Aksi Teatrikal Santri Al-Fatah Cikampek “Stop Genoside”

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia