Santri Al-Fatah Raih Juara Dua Lomba Menulis Cerpen

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Santri Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung raih juara dua lomba menulis cerita pendek (cerpen) pada Gebyar Literasi 2020 secara online.

Pembina ekstrakurikuler jurnalistik, Nurhadis mengatakan pada MINA  Kamis, (29/10), perlombaan digelar oleh Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI) Lampung, yang diikuti siswa-siswi SMP, SMA, Sederajat se-Provinsi Lampung.

Menurutnya, ada empat santri Ponpes Al-Fatah yang mengikuti lomba dan keempat-empatnya meraih sepuluh besar.

“Dua santri MTs dan dua santri MA. Keempatnya meraih peringkat sepuluh besar, dan Alhamdulillah satu santri atas nama Intan Sifa Faradilla meraih juara dua untuk tingkat SMA sederajat,” katanya.

Cerpen berjudul ‘Persembahan Lintang Untuk Ayah’ yang ditulis Sifa dinilai oleh juri layak menjadi pemenang kedua dengan kriteria penilaian yaitu kesesuaian artikel dengan tema, gagasan atau makna artikel, tata penulisan dan kelengkapannya. Selain itu penulisan kata, alur cerita harus menarik, juga isi cerita dan judul harus berkesinambungan.

Lebih lanjut Nurhadis mengatakan, peringkat sepuluh besar mendapatkan sertifikat dari penyelenggara lomba.

“Sementara santri kita yang meraih juara diberi hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan,” katanya.

Nurhadis berharap prestasi santri ini bisa diikuti santri lain, terus meningkat sampai ke tingkat lebih tinggi, dan juga tidak hanya pada bidang tulis-menulis.

“Semoga prestasi ini juga dapat memupuk santri untuk berprestasi dengan niatan memajukan dakwah Islam yang Rahmatan Lil A’lamin. Salah satu contoh dari prestasi penulisan cerpen ini bisa dikembangkan dengan membuat cerpen-cerpen selanjutnya yang bernilai dakwah sehingga lebih luas lagi santri dapat berperan dalam memajukan Islam dan kaum Muslimin,” katanya.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Al-Fatah Lampung, Fathurrahman yang membimbing langsung santri berharap setelah ini bisa meningkat levelnya ke tingkat Nasional.

Pemenang lomba, Sifa mengatakan sangat bersyukur atas juara yang diraih. “Nggak nyangka dan pastinya terharu, senang nama saya bisa dikenal karena sebuah prestasi,” ucapnya.

Sifa juga berterimakasih kepada Bidang ekstrakurikuler MPS dan juga IKA Al-Fatah Lampung yang telah memberikan bimbingan sejak awal mengikuti perlombaan.

Gebyar Literasi 2020 dilaksanakan untuk memperingati Bulan Bahasa tahun 2020. Sekaligus menyongsong Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 dan HUT Ke-75 PGRI tahun 2020. (L/lmr/vnu/nra/B03/P1).

Mi’raj News Agency (MINA).