Santriwati Al Fatah Raih Juara 1 dan 2 MHQ Tingkat Nasional di UNJ

dan 2 Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Wakil Kepala Kesantrian Pondok Pesantren Al Fatah, Luqman Hakim, mengatakan dari 15 santri Al Fatah yang mengikuti lomba Musabaqoh Hifzil Quran (MHQ) Nasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Al Fatah berhasil meraih juara I dan II di kategori 5 Juz.

“Juara I diraih oleh Qoyyimah, santri kelas 3 MA dan Al Fira juara II, santri kelas 1 MA, dan juara III dari kampus IIQ,” ujar Luqman saat dihubungi MINA di Bogor, Jumat (16/11).

Qoyyimah dan Al Fira saat dihubungi wartawan MINA di Pesantren Al Fatah, Cileungsi, mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka bisa memperoleh juara I dan II

“Alhamdulillah, kami bisa meraih juara, tentunya ini tak mudah karena persaingan sangat ketat,” ujar Qoyyimah Hafidzah yang sudah hafal 30 Juz itu.

Al Fira mengatakan, semua ini karena usaha, doa orang tua dan teman-teman yang memotivasi.

“Awalnya saya sendiri tidak percaya diri, tapi sahabat saya Rubi,  memotivasi saya untuk mencoba, akhirnya Alhamdulillah bisa sejauh ini,” imbuh Al fira Hafidzah 14 Juz itu.

Madrasah Al Fatah berdiri pada tahun 1994, pesantren yang memiliki jumlah santri yang hingga ratusan ini juga memiliki program unggulan, yaitu Program Bahasa Arab-Inggris dan program Tahfizul Quran

Luqman menyampaikan, Program Tahfiz termasuk program yang tergolong baru dalam beberapa tahun terakhir, ditujukan bagi santri yang memang ingin memiliki hafalan Quran dan mempunyai daya ingat yang bagus.

“Setiap tahun kami menghasilkan anak-anak yang berhasil menghafal 30 Juz, salah satunya Qoyyimah ini. Kami berharap Al Fatah ke depannya bisa mengikuti berbagai lomba, dan terus dikenal di masyarakat. Kami berharap dengan suksesnya Qoyyimah dan Al Fira ini bisa memotivasi santri lainnya,” jelas Luqman.

Kegiatan MHQ ini diselenggarakan oleh Divisi Pendidikan dan Budaya Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Semarak Festival Arab Nasional ke – X tahun 2018 yang berlangsung 12-14 November.

Adapun bentuk kegiatannya terdiri dari beberapa kategori diantaranyapidato, puisi, baca berita, debat dalam bentuk bahasa arab. Sementara untuk masyarakat umum MTQ, Kaligrafi, Menyanyi Arab, Taqdimul Qissoh, Hadroh dan MHQ.

Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam pengetahuan, sastra, seni dan budaya Arab, untuk mengembangkan kreativitas, bakat serta potensi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab melalui berbagai macam perlombaan dan beragam kegiatan yang akan diselenggarakan dalam acara ini. (L/R07/P1

Mi’raj News Agency (MINA)