Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Satgas Prokes PON Kabupaten Mimika Sasar Pusat Aktivitas Masyarakat dan Sekolah

Rendi Setiawan - Jumat, 8 Oktober 2021 - 19:37 WIB

Jumat, 8 Oktober 2021 - 19:37 WIB

2 Views ㅤ

Mimika, MINA – Pekan Olahraga Nasional (PON)  ke XX yang digelar di Provinsi Papua memasuki hari ke enam. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang tergabung dalam Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) terus berkontribusi dalam penyelenggaraan PON XX untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan di kabupaten/kota pelaksana, tidak terkecuali di Mimika.

Kepala Sub Satgas Prokes Kab. Mimika Asep Supriatna mengatakan, kehadiran BNPB selain untuk mendukung gelaran PON XX juga mengajak masyarakat untuk tetap taat prokes ketika aktivitas di luar rumah.

BNPB setiap harinya mensosialisasikan prokes dan mendirikan gerai masker di venue pertandingan PON XX dan juga mendistribusikan dua mobil masker ke tempat-tempat keramaian,” kata Asep saat melakukan sosialisasi prokes di SMK YKPP St. Bernadus di Timika, Jumat (8/10).

Lebih lanjut ia menjelaskan, BNPB juga memberikan masker ke beberapa fasilitas umum di Kab. Mimika.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

“Masker dari BNPB didistribusikan ke sekolah, rumah sakit, masjid, gereja, polres/polsek dan Kodim. Selain itu juga sebagai sarana sosialisasi betapa pentingnya prokes diterapkan,” ujarnya.

Tak lupa ia berpesan, meskipun kab. Mimika saat ini dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 tetap terus disiplin menerapkan prokes.

“Bagi para siswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan prilaku dengan ikut mengajak keluarga, teman dan orang disekitarnya untuk tetap menjalankan prokes meskipun Mimika masuk dalam PPKM level 2 karena ini penting dalam upaya penanganan Covid,” pungkas Asep.

Pada kesempatan yang sama Yohanes Pramana selaku Kepala Sekolah SMA YPPK Tiga Raja Timika menyebutkan, pemberian masker dari BNPB sejalan dengan program pencegahan Covid-19 yang telah dijalankan sejak pembelajara  tatap muka diberlakukan kembali.

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

“Terima kasih kepada BNPB yang telah memberikan dukungan masker kepada siswa dan guru. Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid kami telah membentuk satgas sekolah untuk mengedukasi penanganan Covid, kemudian siswa harus selalu bermasker, mencuci tangan ketika masuk lingkungan sekolah dan duduk berjarak di dalam kelas,” tutur Yohanes.

Sementara itu Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Mimika Sem Naroba mengungkapkan,  dengan adanya PON XX di Papua dijadikan momen untuk mensosialisasikan prokes.

PON dijadikan momen itu untuk meningkatkan peran masyarakat untuk turut menerapkan protokol kesehatan  dan tidak lengah dengan tetap memakai masker pada saat melakukan aktivitas dimanapun berada,” ucap Sem.

Kemudian ia menuturkan, ketika nanti PON selesai masyarakat tetap harus menjalankan prokes.

Baca Juga: Datangkan Instruktur Perancis, Ukhuwah Al-Fatah Rescue Gelar Pelatihan Urban SAR

“Bukan berarti PON selesai, prokes selesai, kalo memang Papua kitorang bisa, prokes harus selalu dilaksanakan sampai Covid tidak ada lagi disekitar kita,” katanya.

Sebagai informasi, Kabupaten Mimika masuk dalam wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Hal tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1. (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sejak 2023, Kominfo Blokir 3,3 Juta Konten Judi Online

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health