Satu Lagi WNI Positif Virus Corona di Kapal Pesiar

Kapal Pesiar Diamond Princess (foto: Istimewa)

Jakarta, MINA –  Satu lagi Warga Negara Indonesia (WNI) kru Kapal Pesiar Diamond Princess terinfeksi virus corona atau Covid-19. Sebelumnya, sudah ada tiga WNI yang terinfeksi virus mematikan itu.

“Per 19 Februari total empat WNI confirm corona. Dua WNI dirawat di rumas sakit Kota Chiba, dua di RS Tokyo,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha di Jakarta, Rabu (19/2).

Tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo saat ini juga sudah mengirimkan tim mengunjungi satu WNI yang baru dinyatakan positif corona itu untuk memastikan ia mendapat penanganan dan fasilitas.

Judha mengatakan, total ada 78 WNI di kapal yang sedang bersandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang tersebut, empat orang sudah dipindahkan, sementara 74 sisanya masih berada di kapal dan baru saja usai menjalani masa karantina 14 hari.

Mengenai opsi evakuasi, pihaknya kini sedang berkoordinasi baik dengan perusahaan mining agency yang ada di Jakarta maupun Otoritas Jepang.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii memastikan, negaranya siap bekerja sama jika memang hendak dilakukan evakuasi.

Dia menggambarkan situasi penyebaran virus corona dalam kapal pesiar mewah itu berubah per menit.

“Pagi ini ada dua terkonfirmasi dan kabar ada dua lainnya (juga terinfeksi). Jadi belum tahu terkonfirmasi atau tidak, situasi saat ini terus berubah setiap menit, sebaiknya kita mengikuti perkembangan,” kata Masafumi di sela Peringatan HUT Kaisar Jepang, di Jakarta, Selasa malam (18/2).

Sebelumnya, satu WNI di Singapura juga terinfeksi virus corona, namun Judha mengkonfirmasi bahwa WNI tersebut saat ini dinyatakan sudah sembuh dan terbebas dari virus. (L/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)