Saudi Adakan Sidang Isbat Awal Syawal Via Konferensi Video

Riyadh, MINA – Mahkamah Agung Arab Saudi akan melaksanakan Sidang Isbat penentuan satu Syawwal 1441, Jumat malam (22/5) waktu setempat.

Mahkamah meminta umat Islam di seluruh kerajaan untuk melihat dan melaporkan bulan sabit ke pihak berwenang. Zee News melaporkan, Jumat (22/5)

Hari pertama Idul Fitri akan diumumkan pada Jumat malam, setelah panitia mendengar laporan-laporan secara online karena pembatasan virus corona.

“Siapa pun yang melihat bulan dengan mata telanjang atau melalui teropong, agar melaporkan ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya, atau melaporkan ke otoritas di wilayah tersebut,” pengumuman Mahkamah.

Jika bulan baru terlihat pada Jumat sore, Idul Fitri akan pada hari Sabtu. Namun jika bulan tidak sabit terlhat, maka Idul Fitri akan dirayakan pada hari Ahad (24/5).

Para astronom dari Pusat Astronomi Internasional Abu Dhabi mengatakan Idul Fitri kemungkinan akan jatuh pada Ahad, 24 Mei. Karena melihat bulan baru tidak mungkin terlihat karena terbenamnya bulan sebelum matahari. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)