Saudi Akan Jadi Tuan Rumah KTT Kemanusiaan untuk Sudan

Riyadh, MINA – mengumumkan akan menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi untuk mendukung untuk .

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan, konferensi tingkat tinggi akan diadakan pada 19 Juni mendatang, untuk menjanjikan dukungan bagi  Sudan dan kawasan.

“Konferensi tersebut akan dipimpin bersama oleh Qatar, Mesir, Jerman dan PBB, selain Uni Eropa dan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi,” kata pernyataan itu seperti dikutip Anadolu, Kamis (15/6).

“Arab Saudi mendukung rakyat Sudan, dengan memberikan bantuan kemanusiaan senilai $100 juta, dan mengorganisir kampanye yang bertujuan meringankan penderitaan rakyat Sudan, dengan perintah langsung dari Raja Salman Bin Abdulaziz,” tambahnya.

Pernyataan tersebut mencatat bahwa Arab Saudi, bersama dengan Amerika Serikat, melanjutkan upayanya untuk menyatukan kedua pihak yang berkonflik di Sudan dengan mensponsori pembicaraan di kota Jeddah, dengan tujuan mengakhiri krisis dan meluncurkan dialog politik.

Sebelumnya pada Selasa (14/6), Kepala Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Sudan, Volker Perthes memperingatkan, situasi keamanan dan kemanusiaan di negara itu terus memburuk dengan cepat, dan berlanjutnya pertempuran antara tentara dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF).

Sudan dilanda bentrokan militer antara tentara dan kelompok paramiliter RSF sejak pertengahan April.

Lebih dari 1.000 orang tewas dan ribuan lainnya terluka dalam kekerasan itu, menurut petugas medis setempat. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.