Saudi Bantu Pengungsi Palestina Senilai Rp. 422 Miliar Melalui UNRWA

Penyelenggaraan bantuan dari Arab Saudi untuk UNWRA (foto: Wafa)

Amman, MINA – Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi di Timur Dekat (UNRWA) menyambut baik sumbangan senilai US$ 27 juta atau Rp 422 miliar dari Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung program dan operasional badan itu.

“Kami senang menerima sumbangan  dari Kerajaan Arab Saudi ini,” kata Philippe Lazzarini, Komisaris Jenderal UNRWA saat acara penyerahan simbolis sumbangan di Kedutaan Besar Arab Saudi di Amman, Yordania, Wafa melaporkan, Senin (24/10).

“Komitmen baru untuk pekerjaan UNRWA ini sejalan dengan kemurahan hati Kerajaan yang sudah berlangsung lama terhadap para pengungsi Palestina dan dalam solidaritas dengan mereka” tambahnya.

Kontribusi Kerajaan Arab Saudi tersebut akan membantu UNRWA melanjutkan program pendidikan dan kesehatan dan menjangkau pengungsi Palestina yang paling rentan di Tepi Barat,  Yerusalem Timur, , Yordania, Lebanon, dan Suriah.

Baca Juga:  BBM di Radio Silaturahim: Intifada Intelektual di Kampus-Kampus AS

Sementara Nayef bin Bandar Al-Sudairi, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Yordania mengatakan, negaranya secara historis telah dikhususkan untuk memberikan dukungan politik dan sosial-ekonomi bagi perjuangan Palestina, termasuk mendukung hak-haknya.

“Kami dengan tulus menghargai peran dan pekerjaan UNRWA dalam mendukung pengungsi Palestina. Hal ini menjadi sangat penting mengingat tantangan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi Covid-19, dan tantangan agresi yang berulang terhadap dan rakyat Palestina di seluruh wilayah Palestina,” katanya.

Al-Sudairi menambahkan, Kerajaan menegaskan komitmennya terhadap perdamaian sebagai pilihan strategis.

“Keamanan dan stabilitas Timur Tengah memerlukan upaya percepatan untuk mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk masalah Palestina, sejalan dengan resolusi internasional, Inisiatif Arab serta pembentukan negara Palestina merdeka di perbatasan 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” katanya.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Israel Kiamat!

“Kerajaan mengutuk semua tindakan sepihak yang merusak solusi dua negara dan menyerukan penghentian segera mereka,” tegasnya.

Al-Sudairi menyebut, total dukungan Saudi ke Palestina sejak 1999 berjumlah lebih dari $ 5,2 miliar, termasuk dukungan untuk anggaran Otoritas Palestina dan dukungan langsung ke berbagai sektor seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, keamanan pangan dan pertanian.

Kerajaan Arab Saudi merupakan salah satu donor terbesar untuk UNRWA dengan sumbangan hampir $1 miliar hanya dalam dekade terakhir. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.